Tanggul Krueng Pase Jebol, Lima Desa Terendam Banjir

  • Whatsapp
Lokasi Tanggul Jebol di Gampong Mancang Kecamatan Samudera, Jumat, (1/10/2021), (Foto/Zaman Huri)

Aceh Utara | republikaceh.net – Akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Aceh Utara satu hari terakhir, Tanggul Krueng Pase di Gampong Tanjong Awe dan Gampong Mancang Kecamatan Samudera Jebol, sehingga terjadi luapan air sungai ke pemukiman warga yang luasnya mencapai lima Gampong, Jumat, (1/10/2021).

Ke lima Gampong tersebut terdiri dari Gampong Tanjong Awe, Kito, Teupin Ara, Teupin Belanga, dan Mancang.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Murzani, saat ditemui republikaceh.net di lokasi banjir mengatakan, titik banjir terparah terjadi di Gampong Mancang dan Gampong Tanjong Awe, dengan debit air di pemukiman penduduk mulai dari 30 cm hingga 200 cm.

“Khusus di Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Mancang, air naik ke badan jalan mencapai 50 cm, sehingga terjadi kemacetan lalu lintas ataupun sedikit kurang lancar.” ujar Murzani.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama tim sedang melakukan upaya dalam mengatasi banjir, seperti memberi pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat melakukan upaya penyelamatan diri, di samping juga menyelamatkan harta benda.

“Kami dari TRC, BPBD, beserta TNI, POLRI dan UPD terkait lainnya masih dalam tahap pendataan korban di lapangan.” ujarnya.

“Untuk titik pengungsian saat ini sudah kami siapkan di Gampong Mancang empat titik dan ada dibuka dua titik dapur umum, sementara di Tanjung Awe Pengungsi sudah mulai ada, cuma jumlah pengungsinya belum terdata.” Tutup Kalksa. (Zaman Huri).

Berikut cuplikat vidio banjirnya:

 

REKOMENDASI