Akibat Banjir di Aceh Utara Landa Empat Kecamatan, Satu Unit Rumah, Jalan dan Jembatan Rusak

  • Whatsapp
Ketua SAR Aceh Utara, Hasbullah, di lokasi banjir Gampong Tanjong Awe Kecamatan Samudera, Jumat, (1/10/2021) (Fotto/Ist)

Aceh Utara | republikaceh.net – Akibat hujan deras melanda wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah pada hari Kamis 30 September 2021, Sungai Krueng Keureuto dan Krueng Pase kembali meluap dan merendam permukiman penduduk hingga empat Kecamatan, Jumat, (1/9/2021).

Keempat Kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Geureudong Pase, Matangkuli, Samudera dan Pirak Timu. Dalam peristiwa tersebut, dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun satu unit rumah di Gampong Tanjong Awe Kecamatan Samudera, serta jalan dan jembatan di Gampong Uram Jalan, Kecamatan Geureudong Pase rusak.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Murzani, kepada Republikaceh.net mengungkapkan, debit air sungai mulai tinggi pada pukul 16.15 Wib, Kamis 30 September 2021 dan memasuki permukiman warga pada malam hari hingga empat Kecamatan.

“Yang terdampak banjir di Kecamatan Geureudong Pase Gampong Uram Jalan, akibatnya jalan dan jembatan rusak. Selanjutnya Gampong Alue Awe dan Gampong Rayeuk Jawa.” ujarnya

Baca juga: Tanggul Krueng Pase Jebol, Lima Desa Terendam Banjir

Dia menjelaskan, Gampong terdampak di Kecamatan Matangkuli sebanyak 16 Gampong, dengan ketinggian air 50 sampai dengan 80 cm, yaitu; Gampong Alue Euntok, Tempok Barat, Alue Thoe, Ceubrek, Lawang, Tj. Haji Muda, Meuria, Pante Pirak, Punti Matangkuli, Hagu, Meunye Pirak, Parang Sikureung, Siren, GP. Hagu, Leubok Pirak dan Gampong Mancang.

“Yang terdampak di Kecamatan Samudera yaitu Gampong Mancang, Tanjong Awe, Kitou, Reungkam dan Blang Kabu.” sebut Murzani.

Baca juga: Personel Polres Lhokseumawe Lakukan Pengaturan Lalu Lintas di Lokasi Banjir

Lanjutnya, yang terdampak di Kecamatan Pirak Timu, Gampong Munye VII, Ceumecet, Krueng Pirak dan Gampong Rayeuk pange.

“Insya Allah kondisi debit air sungai sudah menurun, namun dibeberapa lokasi masih hujan, BPBD Aceh Utara selalu monitoring Situasi dan Kondisi di 27 Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Utara (852 Gampong/Desa) oleh Petugas Piket PusdalOps.” tutup Kalaksa. (Zaman Huri)

 

Berikut Vidio kondisi banjir di Aceh Utara:

 

 

 

REKOMENDASI