Kawanan Gajah Liar Rusak Kebun Kopi dan Jengkol Warga Aceh Jaya

  • Whatsapp
Ilustrasi gajah (Foto/republikaceh)

Calang | republikaceh.net – Sejumlah kawanan gajah liar merusak tanaman kopi dan juga jengkol milik warga Desa Teupin Asan, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (13/10/2021).

“Kawanan gajah tersebut ada satu kelompok berkisar 10 ekor. Yang dirusak batang kopi masyarakat dan juga pohon jengkol milik warga setempat,” ujar Maksalmina, Relawan sosial Aceh Jaya, warga Desa Babah Dua Kecamatan Darul Hikmah.

Dia menjelaskan, kawanan gajah tersebut diperkirakan turun ke pemukiman warga pada Selasa (12/10/2021) sore dan hingga saat ini diprediksikan masih berada di lokasi.

“Mereka (gajah liar) turunnya bergerombolan, dan saat ini diperkirakan masih ada di lokasi tersebut dan kami rencana akan kelokasi lagi untuk melakukan pengecekkan” ujarnya.

Maksalmina menjelaskan kalau untuk saat ini telah di respon oleh pihak CRU Sampoiniet dengan memberikan sejumlah mercon dan juga direncanakan akan kelokasi untuk penanganan pada sore hari.

Sementara itu, Amilin, Anggota Tim Cru Sampoiniet yang juga ikut merespon kawanan gajah tersebut saat dihubungi menjelaskan, saat ini kawanan gajah tersebut diprediksikan sudah masuk ke hutan dekat kawasan pemukiman warga.

“Saat ini kami sudah turun kelokasi. Kami akan terus memantau perkembangannya dan hingga saat ini belum terlihat adanya kawanan gajah liar tersebut,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, belum bisa diperkirakan jumlah keseluruhan kawanan gajah tersebut dan dan di lokasi kejadian, terlihat beberapa batang jengkol dan kopi milik warga setempat rusak.

“Tim CRU Sampoiniet akan merespon kawanan gajah sampai kembali ke habitatnya, jika pun sore ini tidak memungkinkan untuk kita respon maka tim kami akan ngepam (jaga malam) dan akan direspon kembali pada pagi hari,” tutupnya. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI