Bupati Aceh Jaya Lantik 3 Imum Mukim

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengambil sumpah dan melantik 3 orang imum mukim di wilayah kabupaten Aceh Jaya di Balai Desa Jambo Masi, Kecamatan Jaya, Selasa (2/11/2021) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Bupati Aceh Jaya T Irfan TB kembali melantik 3 orang imum mukim di wilayah kabupaten Aceh Jaya. Pelantikan dipusatkan di balai Desa Jambo Masi, Kecamatan Jaya, Selasa (2/11/2021)

Ketiganya, imum mukim Kuala Unga kecamatan Indra Jaya, imum mukim keluang Kecamatan Jaya dan imum mukim Panga Pucok Kecamatan Panga.

Usai pelantikan, bupati mengatakan, imum mukim memiliki peranan penting dalam masyarakat, dikarenakan di tuntut untuk mampu menyelesaikan setiap persoalan adat maupun persoalan sosial kemasyarakatan sebelum dibawa ke ranah hukum.

“Imum mukim juga harus berada di garda terdepan dalam upaya penegakan syariat islam, adat istiadat dan dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakatnya,” kata bupati

Selain itu, tambahnya, imum mukim juga harus mampu mengidentifikasi setiap potensi permasalahan yang terjadi antar gampong, baik permasalahan tapal batas gampong mau pun pengaturan air irigasi.

“Imum mukim agar dapat mengidentifikasi sedini mungkin persoalan di masyarakat, sehingga tidak menimbulkan konflik antar gampong yang dapat menimbulkan perpecahan dikalangan masyarakat,” lanjutnya

Bupati berharap, imum mukim harus mampu bersinergi dengan para keuchik, tuha peut, para tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada diwilayah kerjanya, Sehingga, dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI