Minim PAD Melalui Sewa Alat Berat, Dewan Aceh Jaya Dorong Penggunaan SISBERMADU

  • Whatsapp
Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Jaya, Hazami (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Anggota DPRK Aceh Jaya, Hazami meminta Badan pengelolaan Keuangan Kabupaten (DPKK) setempat untuk mengaktifkan program Sistem informasi sewa bersama terpadu (SISBERMADU) untuk sewa menyewa alat milik Pemerintah yang telah di luncurkan pada tahun 2019.

“Sesuai hasil evaluasi DPRK Aceh Jaya, sudah dua tahun pendapatan dari hasil retribusi khususnya sewa alat yang ada di sejumlah SKPK belum tercapai secara maksimal. Pada hal target yang diberikan di bawah rata-rata,” ujar Hazami di Calang, Senin (8/12/2021)

Ia menjelaskan, setiap tahun pihaknya melakukan evaluasi dan hasil sewa yang ada di SKPK tidak mencapai target yang ditetapkan.

Pihaknya menyarankan agar instansi terkait dapat mengoptimalkan aplikasi yang sudah diluncurkan, guna mengoptimalkan penggunaan aset daerah dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurutnya, jika penggunaan aplikasi SISBERMADU mengalami kendala, maka harus dicarikan solusi terhadap kendala tersebut.

Selama ini, lanjutnya, hanya dilakukan secara manual, sehingga setiap ada persoalan pihak SKPK terkait hanya menyampaikan kendala secara lisan.

“Jika diberlakukan SISBERMADU, jika memang tidak tercapai PAD akan terlihat jelas apa kendalanya. Kita berharap, pada tahun 2022 seluruh aset yang bisa mendapatkan PAD harus menggunakan aplikasi SISBERMADU guna peningkatan PAD Aceh Jaya” pungkasnya.

Sementara itu, Zulfadli, Kepala Bidang Pendapatan DPKK Aceh Jaya menjelaskan, minimnya pendapatan asli daerah dari retribusi pemakaian alat yang ada di beberapa SKPK karena kebanyakan dari pengusaha atau pekerja kegiatan banyak Sudah mempunyai alat sendiri.

Ia menyebutkan target restribusi daerah sebesar Rp38 M lebih sedangkan yang sudah terealisasi Rp 24 Milyar atau sekitar 65 persen. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI