Gema Zikir dan Aneka Lomba Warnai Perayaan Maulid di SMAN 1 Seunuddon

  • Whatsapp
Siswa SMAN 1 Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, saat perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di sekolah tersebut, Kamis (11/11/2021) (Foto/Zaman Huri)

Aceh Utara | republikaceh.net – Gema bait – bait Zikir Al-Barzanji dan Ad-Diba’ serta Syaraful Al-Anam berlangsung khidmat pada perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di SMAN 1 Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, Kamis (11/11/2021)

Lantunan zikir tersebut dikumandangkan bergantian sejak pagi hari hingga menjelang siang oleh siswa sekolah setempat dengan fasih di dalam langgam khas Timur Tengah.

Amatan media, perayaan maulid di SMAN 1 Sunuddon kali ini berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dihadiri sekitar 850 tamu undangan, terdiri dari perwakilan Disdik Propinsi Aceh cabang Aceh Utara, Muspika Seunuddon, tokoh agama, tokoh masyarakat, para kepala sekolah dan dewan guru, serta wali murid.

Kepala SMAN 1 Seunuddon, Mawardi, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMAN 1 Seunuddon adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pihak sekolah, pada perayaan tersebut pihak sekolah juga mengadakan berbagai aneka perlombaan.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kita peringati setiap tahun sebagai refleksi mengenang perjuangan Baginda Rasulullah Muhammad SAW dalam mengemban risalah, semoga dengan kegiatan ini dapat bertambah rasa wujud cinta kita kepada baginda dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Mawardi.

Ia menjelaskan, pada momentum perayaan maulid tahun ini, pihak sekolah mengadakan berbagai aneka lomba yang dikemas dalam Kegiatan “Festival Maulid Nabi Muhammad SAW,” berlangsung sejak tanggal 8 hingga 11 November 2021.

“Perlombaan yang kita adakan pada tahun ini terdiri dari lomba shalawat badar, hafal asmaul husna, syahril Qur’an, praktek shalat jenazah, lomba nasyid, lomba poster bully, lomba menghidang, dan lomba keindahan kelas,” jelasnya.

Menurut Mawardi, salah satu alasan kegiatan perlombaan ini dilaksanakan di sekolah adalah untuk memberi motivasi dan semangat belajar kepada siswa.

“Melalui kegiatan ini kita menggali potensi individu yang dimiliki siswa, seterusnya kita menggembleng dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa tersebut hingga mendapat nilai lebih,” ujar Mawardi.

Lanjutnya, melalui momentum maulid Nabi ini kita juga dapat mengambil banyak hikmah dan pelajaran, karena di dalamnya mengandung sauri tauladan sebagaimana yang digambarkan para ulama dan ahli sejarah Islam.

“Rasulullah Muhammad SAW dalam waktu singkat yang hanya sekitar 23 tahun mampu menyebarkan ajaran Islam hingga ke berbagai belahan penjuru dunia, hal ini perlu menjadi bahan renungan dan perhatian penting bagi kita. Pola Rasulullah mengajar para sahabat dan membimbing umat dengan mengedepankan akhlaqul karimah adalah salah satu kunci keberhasilan sehingga ajaran islam cepat berkembang dan menjadi Rahmatan Lil ‘alamin,” kenang Mawardi.

Ia berharap, perayaan maulid Nabi di tahun yang akan datang juga dapat terlaksana dengan baik sebagaimana yang direncanakan.

“Insya Allah perayaan maulid tahun ini telah terlaksana sesuai harapan, acara ini terwujud berkat kerjasama baik dewan guru, wali murid dan berbagai unsur lainnya,” tutup Mawardi. (Zaman Huri)

REKOMENDASI