Sat Narkoba Polres Gayo Lues Amankan 158 Kg Ganja Kering dan 3 Tersangka

  • Whatsapp
Sat Narkoba Polres Gayo Lues menggelar konferensi pres di Mapolres setempat terkait penangkapan tiga orang tersangka membawa ganja kering seberat 158 kilogram, Kamis (11/11/2021) (Foto/Ist)

Gayo Lues | republikaceh.net – Sat Narkoba Polres Gayo Lues kembali berhasil mengamankan tiga orang tersangka membawa ganja kering seberat 158 kilogram di jalan terangun Desa Jabo Kecamatan Terangon Kabupaten Gayo Lues, pada Rabu (03/11/2021).

Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam dalam siaran Persnya Kamis, (11/11/21), membenarkan adanya penangkapan tersebut

“Benar, 3 Orang berhasil ditangkap yakni KS (47 Tahun) warga Desa Kuta Baro Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan, Inisial RH (36 Tahun) warga Padang Terangun Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues dan BD warga Desa Palok Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues” ujar Kapolres

Kapolres menjelaskan, penangkapan dilakukan di jalan terangun-desa Jabo Kecamatan Terangon Kabupaten Gayo Lues, pada rabu 03 Nopember 2021 oleh tim Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues.

Penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi yang diterima oleh Sat Narkoba bahwa akan melintas 1 unit mobil yang akan membawa ganja kering menuju Kota Binjai, Sumatera Utara melalui Jalan lintas Terangun – Abdya. Menanggapi informasi tersebut tim langsung bergerak dan melakukan pemantauan.

“Tak lama berselang mobil yang dicurigai pun melintas dan tim segera bergerak. Setelah memastikan kebenarannya, tim melakukan penindakan dengan menghentikan kendaraan tersebut. Setelah di periksa, benar ada 6 karung yang berisikan 158 Bal (1kg/bal) Ganja kering siap edar.” jelas kapolres

Kembali Kapolres menjelaskan, Ketika dilakukan pemeriksaan terhadap sopir (KS) dari keterangannya Ia mengaku disuruh oleh seseorang yang berinisial (P) yang saat ini sedang menjalani hukuman tindak Pidana Narkotika di LP Mulaboh. KS juga menerangkan jika P bekerja sama dengan RH warga Desa Padang terangun Kecamatan terangun.

“Dari hasil pengembangan, RH juga turut diamankan” ungkapnya

Tak berhenti sampai disitu, lanjutnya, tim terus menggali keterangan dari RH dan KS, ternyata dia juga disuruh oleh (BD) warga Desa Palok untuk mencarikan mobil yang bisa mengangkut ganja dari Desa Palok Kecamatan Blangkejeren menuju Medan, Sumatra Utara.

“Pihak kami melakukan penangkapan terhadap BD dirumahnya di Desa Palok Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.” ungkap

Kapolres menambahkan, Dari hasil pemeriksaan BD, ternyata dia juga disuruh oleh seseorang dengan nama panggilan Tok Haikal (DPO) warga Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren untuk mencari seseorang yang mau membawa ganja dari Desa Palok menuju Medan, Sumatra Utara.

“Saat ini tiga tersangaka sudah diamankan di Mapolres Gayo Lues, sedangakan Tok Haikal sudah masuk DPO. Ketiganya diancam dengan pasal 115 ayat (2) Jo 111 ayat (2) Jo 132 ayat (2) UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun Penjara” tutupnya. (***)

 

REKOMENDASI