Bupati Aceh Jaya Resmikan BMUG Sarang Walet

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya didampingi Keuchik Rantoe Payang, Ali Munir, memperlihat sarang walet hasil pengelolaan BUMG setempat, Selasa (4/1/2022) (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB meresmikan lokasi usaha Gua Sarang Waled yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Desa Rantoe Panyang Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (4/1/2022)

Mewakili pengurus BMUG Desa Rantoe Payang, Firdaus, saat menyampaikan sambutan mengungkapkan, pembangunan fasilitas untuk usaha sarang walet tersebut bersumber dari dana desa (DD).

“Total keseluruhan menghabiskan anggaran Rp160 juta, digunakan untuk pembangunan fisik, pengadaan alat kelengkapan keamanan dan anggaran untuk pelaksanan kegiatan launching,” papar Firdaus.

Keuchik Rantoe Payang, Ali Munir, saat menyampaikan sambutan berharap, hasil dari usaha BUMG tersebut dapat menjadi penunjang bagi setiap kegiatan sosial di Gampong Rantoe Payang.

“Selain terciptanya lapangan kerja bagi warga, hasil dari usaha ini nanti bisa digunakan untuk membatu anak yatim, para janda dan kegiatan keagamaan serta kegiatan sosial di gampong,” ujar keuchik.

Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB menyampaikan, dengan adanya usaha sarang walet tersebut dapat menjadi penunjang ekonomi bagi masyarakat serta mampu menambah kas gampong.

“Kita mengharapkan agar usaha ini dikelola dengan baik, transparan dan akuntabel agar menjadi contoh bagi gampong-gampong lain dalam memanfaatkan potensi yang ada,” ungkap bupati.

Bupati menambahkan, bedasarkan laporan yang dia terima, BUMG di Kecamatan Krueng Sabee semuanya sudah memiliki badan hukum, namun belum semuanya aktif.

“Kita mengharapkan kepada seluruh BUMG di Aceh Jaya agar aktif dan mampu menggali potensi di gampong masing-masing untuk dikelola dengan baik dan menghasilkan. Karena tidak selamanya uang desa itu tersedia. Jadi, selagi ada, manfaatkan sebaik mungkin uang tersebut untuk kepentingan perkembangan gampong,” tutupnya. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI