Forum Masyarakat Tanah Luas Lakukan Rapat Persiapan Muzakarah Ulama

  • Whatsapp
Ketua Panitia Pelaksana Muzakarah Ulama di Kecamatan Tanah Luas, Drs H. Hamdani A. Jalil, MA, Minggu (10/3/2022) (Foto/Zaman Huri)

Aceh Utara | republikaceh.net – Forum Masyarakat Kecamatan Tanah Luas bekerjasama dengan Muspika melaksanakan rapat persiapan muzakarah Ulama di Aula Kantor Camat setempat, Kamis, (10/3/2022)

Ketua Panitia pelaksana, Drs H. Hamdani A. Jalil, MA yang juga ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kecamatan Tanah Luas saat diwawancarai mengatakan, muzakarah tersebut dilaksanakan sehubungan banyaknya permasalahan atau persoalan yang timbul di tengah masyarakat.

BACA JUGA

“Muzakarah ini sangat penting kita laksanakan sehubungan banyaknya permasalahan – permasalahan atau persoalan-persoalan fiqih yang timbul di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu masyarakat Tanah Luas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Kecamatan Tanah Luas bekerjasama dengan Muspika yang juga di dalamnya ada beberapa forum,” sebut Hamdani.

Ia menambahkan, forum Geuchik, forum organisasi Sirul Mubtadin, Kelompok kerja kepala sekolah (K3S), Huda, Tastafi dan majelis taklim Kecamatan Tanah Luas sepakat untuk menyamakan persepsi dalam mengambil sikap dan keputusan tentang fiqih yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Maka dalam hal ini perlu dan sangat penting sekali muzakarah ini dilaksanakan, sesuai dengan tema yang telah kita tetapkan bersama yaitu, melalui muzakarah Ulama kita tingkatkan pemahaman umat terhadap persoalan fiqih di tengah-tengah masyarakat.” Jelasnya.

Ia menambahkan acara muzakarah ulama yang diprakarsai oleh Forum Masyarakat Tanah luas tersebut rencana akan dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf.

“Kita merencanakan untuk membuka muzakarah ini Insya Allah akan hadir dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yaitu Bapak Wakil Bupati Fauzi Yusuf, sedangkan pemateri atau narasumber adalah ulama-ulama kita yang sudah tidak asing lagi sebagai pakar-pakar dalam bidang fiqih, tauhid dan tasauf, yang akan menjadi pemateri diantaranya Abu Ketua MPU Aceh Utara (Abu H. Abdul Manan, Abi H. Jakfar Lung Angen, Abati Nuruddin Buloh, Abi Sufi Paloh Gadeng dan Abi Doi Bayu, jelas Hamdani.

Tambahnya, Harapan kita dengan adanya muzakarah ini, para pengambil keputusan di tingkat Desa atau Gampong, misalnya dalam masalah zakat, dan hal-hal talak, nikah dan lainnya ada satu pemahaman yang sama sehingga tidak buyar dan tidak terjadi bias, tutup Hamdani.

Camat Kecamatan Tanah Luas, Usman K, S.Sos mengatakan, acara muzakarah ulama yang akan dilaksanakan di Masjid An-Nur Blang Jruen merupakan bentuk kepedulian masyarakat Tanah Luas terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, khususnya di bidang Fiqh.

“Kami mendukung penuh untuk terlaksana acara muzakarah ulama ini, saya kira ini baru pertama kali digelar untuk tingkat Kecamatan, kalau di tingkat Kabupaten atau di dayah-dayah mungkin itu sudah biasa,” sebut Camat.

Amatan republikaceh.net, dalam rapat tersebut membahas tentang kesiapan dan mekanisme muzakarah yang akan dilaksanakan di Mesjid An-Nur Blang Jruen, Minggu, 27 Maret 2022. (Zaman Huri)

REKOMENDASI