Delapan Hektar Ladang Ganja Dimusnahkan di Lamteuba

  • Whatsapp
Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan delapan hektar ladang ganja yang berada di kawasan Desa Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, Selasa (15/3/2022) (Foto/Ist)

Jantho | republikaceh.net – Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan delapan hektar ladang ganja yang berada di kawasan Desa Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, Selasa (15/3/2022).

Delapan hektar ladang tersebut ditemukan di dua titik lokasi berbeda pada ketinggian 438 dan 462 meter di atas permukaan laut (mdpl).

BACA JUGA

Atas temuan ini, tim gabungan BNN bersama Polda Aceh, Polres Aceh Besar, Kodim langsung melakukan pemusnahan dengan cara dicabut dan dibakar hingga habis.

Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN, Roy Hardi Siahaan mengungkapkan, pemusnahan ini berawal dari temuan pihaknya pada 5 Maret 2022 kemarin.

Kemudian, tim gabungan menyusuri area kaki Gunung Seulawah selama dua jam dengan medan yang sulit guna memusnahkan ribuan batang tanaman ganja tersebut.

“Ada sekitar tiga belas ribu batang ganja siap panen, personel yang terlibat sebanyak 117 orang, termasuk Satpol PP, Bea Cukai, Kejaksaan dan lainnya,” ujar Jenderal Bintang Satu ini.

Upaya yang tengah dilakukan BNN ini sesuai dengan Pasal 111 Ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman terhadap pelaku berupa hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

“BNN berharap dengan adanya pemusnahan ladang ganja ini, masyarakat semakin peduli terhadap aturan perundang-undangan di Indonesia yang melarang dengan tegas kepemilikan, penanaman serta peredaran gelap tanaman ganja yang masuk kedalam jenis narkotika golongan satu,” tambahnya. (***)

REKOMENDASI