Sebelum Idul Fitri, Fakir dan Miskin di Aceh Jaya Akan Terima Zakat

  • Whatsapp
Kepala Baitul Mal Aceh Jaya, Tgk Munawar (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Baitul Mal Aceh Jaya akan menyalurkan Zakat tahun 2022 untuk Fakir dan Miskin pada Rabu (21/4/2022) mendatang. Penyerahan secara simbolis dijadwalkan akan diserahkan oleh Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB.

“Insya Allah, kami akan menyerahkan Zakat Senif Fakir dan Miskin pada 20 hari puasa Ramadan yang diserahkan secara simbolis oleh bupati” ujar Kepala Baitul Mal Aceh Jaya, Tgk Munawar, Jumat (8/4/2022) di Calang.

BACA JUGA

Ia menjelaskan, jumlah calon penerima zakat tahun 2022 sebayak 4.405 jiwa terdiri dari senif fakir dan miskin dalam Kabupaten Aceh Jaya dengan total anggaran mencapai Rp. 2.390.300.000.

“Senif fakir sebanyak 939 jiwa. Perjiwa mendapatkan Rp 700.000. Sedangkan untuk senif miskin sebanyak 3.466 jiwa dan perjiwa mendapatkan 500.000 ” ujarnya.

Tgk Munawar menjelaskan, data fakir dan miskin calon penerima zakat diberikan oleh Camat bedasarkan hasil ferivikasi keuchik dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Jadi, lanjutnya, bila dikemudian hari ada pihak yang menyampaikan tidak tepat sasaran maka perlu diperjelas atau di ubah pada saat sebelum pihak kecamatan mengirimkan data final.

“Jika ada menurut masyarakat penerima zakat yang tidak tepat sasaran maka boleh di tinjau kepada penghimpun data di gampong, yaitu keuchik” ujarnya

Tgk Munawar kembali menerangkan, penyaluran zakat tahun 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana zakat akan dikirim langsung ke rekening yang penerima zakat, bukan pemberian uang tunai.

Menurutnya, langkah tersebut diambil agar penyaluran sesuai data yang terhimpun dan juga sebagai upaya agar zakat diterima langsung oleh penerima.

“Kami mengupayakan penyaluran zakat ini sesuai dengan data yang ada.” tambahnya.

Tgk Munawar berharap kepada Instansi di Aceh Jaya, pegawai Bank dan para pengusaha serta pihak swasta lainnya agar mempercayai baitul Mal sebagai lembaga tempat untuk menyalurkan zakatnya seperti yang telah dilakukan oleh pihak Polres Aceh Jaya dan Forkopimda.

“Semoga para Muzakki (Penyumbang Zakat) yang telah menyisihkan sedikit hartanya untuk para fakir dan miskin di Aceh Jaya dimudahkan rezeki dan para penerima manfaat dapat mempergunakan untuk kebutuhan beribadah” tutupnya. (Zahlul Akbar)

 

REKOMENDASI