Kabid Parkes PWI Aceh Jaya: Bila Benar Dugaan Sastrawan Aceh Dilecehkan, Pelaku Harus Minta Maaf

  • Whatsapp
Ketua Bidang Pariwisata dan Kesenian pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Jaya, Almuzzammil, Rabu (15/6/2022) (Foto/ist)

Calang | republikaceh.net – Ketua Bidang Pariwisata dan Kesenian pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Jaya, Almuzzammil mendesak oknum salah satu Kepala Bidang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh untuk melakukan klarifikasi atas dugaan perlakukan pelecehan terhadap Hasbi Burman alias Presiden Rex, Sastrawan Aceh, asal Aceh Jaya.

“Sebagaimana pemberitaan salah satu media pada Selasa 14 Juni 2022, adanya dugaan perlakukan pelecehan salah satu oknum Kepala Bidang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terhadap Hasbi Burman alias Presiden Rex, Sastrawan Aceh, asal Aceh Jaya patut diklarifikasi oleh oknum yang bersangkutan” ungkap Almuzzammil, Rabu (15/6/2022) di Calang.

BACA JUGA

Menurutnya, jika dugaan tersebut benar, maka kondisi ini sangat memilukan bagi sastrawan Aceh dan patut oknum tersebut meminta maaf kepada seluruh sastrawan Aceh secara terbuka.

“Bila diksi “kalau anda yang membaca puisi, penonton akan lari’ diungkapkan kepada Hasbi Burman tentu kurang tepat, karena itu profesi beliau. Apa lagi semua orang tahu tentang kiprah beliau di dunia sastra Aceh. Apa lagi bagi kami di Aceh Jaya, kiprah beliau adalah menjadi tolak ukur dan motivasi bagi generasi sastra secara berkelanjutan” ungkap Zammil.

Apa lagi, lanjutnya, juga adanya dugaan Hasbi Burman ditertawakan di hadapan staf pegawai sang oknum Kabid saat Hasbi Burman sedang melakukan upaya koordinasi jelang sebuah even sebagaimana amanah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

“Jika dugaan ini benar, sungguh etika yang tidak tetap dan perlakuan ini sudah diluar batas kewajaran serta ini mencoreng nama baik Disbudpar Aceh” tambahnya.

Sementara selama ini diketahui, Hasbi Burman selaku penyair tetap berkiprah aktif dalam berbagai acara sastra, pada era Kabid-kabid sebelum ini, dirinya sering mendapat kesempatan manggung.

Hasbi sebagai tokoh yang kerap dikenal Presiden Rex tersebut menyebut bahwa karir sastranya telah menjajaki wilayah Asia, antarnya Bangkok-Thailand, Kualai Lumpur, Alur Star Keudah- Tanjung Bunga-Penang (Malaysia).

Kiprah nasional Hasbi selama ini di Indonesia sendiri ia kerab baca puisi di era peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka di Taman Budaya Solo, Taman Budaya-Medan. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI