Qanun Mars dan Hymne Aceh Jaya Disahkan, Kadis Disdikbud Abu Bakar: Ini Pertama di Level Kabupaten Dalam Provinsi Aceh

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya, Abu Bakar (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya, Abu Bakar mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten setempat bersama Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya melalui rapat paripurna ke-XVIII pada Rabu, 10 Agustus 2022 mengesahkan Qanun tentang Mars dan Hymne Aceh Jaya.

“Lagu Mars dan Hymne Aceh Jaya merupakan hal pertama di level kabupaten dalam Provinsi Aceh dan di rencana akan di launching pada malam acara resepsi HUT 77 nantinya” ujar Abu Bakar, Sabtu (13/8/2022) di Calang

BACA JUGA

Abu Bakar berharap sumbangsih saran dan pendapat dalam penerapan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya agar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

“Alhamdulillah sebagai tindak lanjut, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia telah mengakui hak kekayaan intelektual lagu himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya melalui surat pencataan ciptaan masing-masing dengan nomor 000353389 dan nomor 000353390” jelasnya

Semua itu, lanjutnya, tidak lepas dari pada dukungan dan kepedulian Bupati Aceh Jaya lama, T. Irfan TB dan kepala dinas sebelumnya sehingga lahirnya hymne dan mars Aceh Jaya.

“Semoga dengan adanya mars dan hymne ini dapat membawa semangat baru bagi pembangunan Aceh Jaya yang lebih baik kedepannya” ucap Abu Bakar.

Kabag Hukum pada Sekretariat Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Muhammad Milsa mengatakan, semangat kerja kebersamaan telah mampu melahirkan hymne dan mars untuk Aceh Jaya.

“Benar, kita telah berkerjasama dalam menyukseskan terwujudnya Hymne dan Mars sebagai lagu wajib daerah di Kabupaten Aceh Jaya. Semoga berguna untuk kedepan tentunya” ujar Milsa, singkat.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengajak semua pihak secara kolaborasi untuk bersama melindungi, edukasi, memberi pengayoman, dan sosialisasi hymne dan mars kepada seluruh lapisan masyarakat diseluruh wilayah Aceh Jaya.

“Dinas terkait agar dapat menfasilitasi dan memastikan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya diterapkan pada setiap lembaga pendidikan guna memberikan identitas dan motivasi bagi pelaku pendidikan dan peserta didik sebagai generasi emas Aceh Jaya.” tandasnya (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI