Pemkab Aceh Jaya dan BI Panen PErdana Cabai Merah di Indra Jaya

  • Whatsapp
Panen Perdana Cabai Merah di Indra Jaya, Rabu (04/01/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net –  Dalam rangka pengendalian inflasi terkait ketersediaan pangan, Bank Indonesia Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memanen perdana cabai merah di Kebun Dayah Mahyal Ulum Al Aziziyah, Dusun Babah Awee, Gampong Cinamprong Kecamatan Indra Jaya, Rabu (04/01/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Dayah Mahyal ‘Ulum Al Aziziyah Tgk H. Faisal Ali yang juga merupakan ketua MPU Aceh, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh T. Amir Hamzah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Jaya  Jonni Saputra, S.Si, Kadis Pertanian T. Reza Fahlevi, SE, MM, Kadis Pangan Ir. H. Teuku Mufizar, Kadis Diskoperindag Ners. Hj. Ernani Wijaya, S.Kep, M. Kep, Kepala  Bank Aceh  Syariah Calang, Camat Indra Jaya  serta unsur Forkopimcam Indra Jaya.

BACA JUGA

Dalam sambutannya, Tgk. H. Faisal Ali menyambut dengan hangat kedatangan para tamu undangan di lokasi perkebunan yang biasa disebut Lampoh Tadris Agro (LATA). Tgk. Faisal juga menyebutkan bahwa Dayah  Mahyal ‘Ulum Al Aziziyah akan mengembangkan 3 paket pemberdayaan ekonomi pesantren sekaligus pendidikan.

“Ditempat inilah kami akan memulai 3 paket yaitu pertanian, perikanan dan peternakan. Dimana selain pemberdayaan ekonomi, ada tadris atau pembelajaran yang diutamakan kepada generasi milenial yang mungkin sudah jauh dari nilai-nilai pertanian, perikanan dan peternakan. Rencananya setiap hari sabtu saya akan menginap disini bersama keluarga, kemudian setiap 4 hari ada sekitar 12-13 orang yang akan tinggal disini, dimana setiap hari mereka akan diajari cara bertani selama disini” Ucap Tgk. H. Faisal Ali

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Jaya melalui Kepala Dinas Pangan Aceh Jaya, Teuku Mufizar mengapresiasi Bank Indonesia dan Dayah Mahyal ‘Ulum Al Aziziyah atas Program kerjasama tersebut serta pemilihan lokasi yang sangat strategis untuk bertani. Penanaman cabai merah sebanyak 5000 pohon diatas lahan seluas 12 hektar tersebut merupakan program yang sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dalam menekan angka inflasi.

“Dalam mendukung sektor pertanian, Pemerintah Aceh Jaya telah membagikan 20 polybag per KK, satu bulan kemudian dibagikan 100 polybag per kecamatan dan ditargetkan bulan Maret atau menjelang Ramadhan mendatang sudah bisa dipanen. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga sudah melakukan penanaman Singkong diatas lahan 10 hektar melalui Gerakan Penanaman Singkong (GEUPEKONG)  serta penanaman cabai dan sayur mayur melalui program Sistem Gampong Tahan Pangan (SIGAM TAMPAN).” Ujar Teuku Mufizar.

Pada kesempatan yang sama T. Amir Hamzah selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh mengucapkan terima kasih telah diberi kesempatan untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Bank Indonesia sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dijalankan oleh Ketua MPU Aceh Tgk. H. Faisal Ali. Menurutnya tidak banyak Ulama Aceh yang Konsen tentang bagaimana mengembangkan perekonomian terutama di Lingkungan Dayah atau Pesantren.

“Ini merupakan salah satu program Bank Indonesia bersama Pemerintah Aceh melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Dalam upaya pengendalian Inflasi sudah kita canangkan beberapa langkah dan strategi salah satunya melalui progam ini, kalau dalam kerangka besarnya itu kita juga melakukan upaya terkait dengan mensupport, menjaga dan memastikan ketersediaan beberapa bahan pokok yang sangat mempengaruhi tingkat inflasi”  Jelas T. Amir Hamzah. (***)

REKOMENDASI