Masyarakat Kawasan Adat Terpencil di Aceh Jaya Terima Sejumlah Bantuan dari Pemerintah

  • Whatsapp
Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin menyerahkan sejumlah bantuan Komoditas Adat Terpencil (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Gampong Glee Putoh, Kecamatan Panga kabupaten setempat, Jum’at (20/1/2023).

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin tersebut berupa Peralatan masak seperti kompor dan gas, tempat tidur, lemari serta sembako lainnya yang kerjasama dengan Lembaga Peduli Dhuafa.

BACA JUGA

Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan program Pemerintah untuk memusatkan komunitas masyarakat agar terpusat dan mudah untuk disetarakan kesejahteraannya. KAT Seunong Bakti Gampong Glee Putoh sendiri terdiri dari 137 warga atau 37 Kepala Keluarga.

Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin menyebutkan bahwa Lokasi KAT seluas 800 hektar tersebut tidak pernah luput dari perhatian Pemerintah Aceh Jaya. Dirinya juga menjanjikan bahwa bantuan selama ini yang rutin dibagikan tidak akan dikurangi, bahkan diusahakan untuk ditambah.

“Untuk sarana dan prasarana di Gampong Glee Putoh, Pemerintah Aceh Jaya melalui Dinas PUPR akan mengupayakan untuk membangun akses jalan yang lebih baik, bahkan nanti akan kami diskusikan dengan Dinas Pendidikan untuk dibangun sekolah di gampong ini jika syarat-syaratnya terpenuhi. Sehingga anak-anak KAT Seunong Bakti ini tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh lagi,” kata Dr. Nurdin.

“Sebagai suatu daerah, Infrasturktur jalan sangat penting. Kita akan mengusulkan di dalam perencanaan tahun 2024, mudah-mudahan bisa tertampung di dalam dokumen perencanaan tahun depan dan mendapatkan alokasi anggaran untuk membangunnya, baik itu infrastruktur jalan maupun infrastruktur lainnya,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Dr. Nurdin, dari segi ekonomi, kita juga memasukkan Gampong Glee Putoh ini kolaborasi dengan program-progam lain yang ada di Aceh Jaya seperti progam yang terkait dengan sarana dan prasarana seperti Sawit dan program pemberdayaan ekonomi seperti  SIGAM TAMPAN, membangun Pakan Berkualitas, Penanaman Singkong dan lainnya.

Melalui kegiatan penyerahan bantuan dan peresmian Usaha Konveksi tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya berharap masyarakat Gampong Glee Putoh agar dapat membangun produktivitas gampong secara mandiri. Sehingga Masyarakat dapat meningkatkan kreatifitas dengan memanfaatkan fasilitas serta bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah.

“Dengan adanya bantuan ini, semoga dapat membangun produktivitas gampong secara mandiri. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan kreatifitas dengan memanfaatkan fasilitas serta bantuan yang telah diberikan,” pungkas Pj Nurdin, [].

REKOMENDASI