Dr Nurdin Ajak Masyarakat Aceh Jaya Berpartisipasi Bantu Korban Gempa di Turki dan Negara Sekitarnya

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Gempa Bumi yang terjadi di Negara Turki dan negara sekitarnya dengan magnitudo 7,8 pada hari Senin pukul 04.17 pagi hari waktu setempat telah memakan ribuan korban jiwa. Gempa susulan terjadi pada siangnya juga dengan magnitudo 7,5 telah memporak porandakan sejumlah gedung dan tempat tinggal yang diperkirakan sebanyak lima ribu bangunan hancur.

Akibat gempat tersebut, tidak hanya yang meninggal dunia dan luka-luka, namun juga yang terdampak akibat bencana alam tersebut. Menurut Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada 23 juta jiwa warga yang terdampak akibat gempa itu. Beberapa dari mereka bahkan dalam situasi yang rentan.

BACA JUGA

“Peta ikhtisar peristiwa menunjukkan bahwa 23 juta orang berpotensi terpapar, termasuk sekitar lima juta populasi rentan,” kata petugas darurat senior WHO Adelheid Marschang kepada komite eksekutif dikutip dari AFP, Selasa (7/2/2023).

Sejauh ini, korban tewas akibat gempa besar yang melanda Turki dan Suriah naik di atas 5.000 orang. Angka ini diyakini akan semakin bertambah seiring masih intensifnya tim investigasi mencari korban selamat yang terjebak.

“Setidaknya 3.419 orang tewas di Turki dan 1.602 di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah dan pemberontak,” kata pejabat dan sumber medis tersebut .

Terkait dengan musibah tersebut Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, S.Sos, M.Si menyampaikan ucapan turut berbelasungkawa atas musibah gempa bumi yang melanda Turki dan negara sekitarnya

“Pertama-tama atas nama pribadi,  pemerintah Kabupaten Aceh Jaya serta  masyarakat Aceh Jaya, saya ingin menyampaikan belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Turki dan negara sekitarnya,” ucap Dr Nudin, Selasa (7/2/2023)

“Semoga kita melakukan upaya bersama dalam berpartisipasi dalam membantu korban gempa di Turki dan negara sekitarnya” sambungnya

Dr Nurdin mengajak masyarakat Aceh Jaya untuk bisa memberikan bantuan kemanusiaan sesuai dengan kemampuan masing – masing

lanjutnya, bantuan tersebut untuk selanjutnya dapat dikumpulkan melalui para Keuchik dan Para Camat dalam Kabupaten Aceh untuk nantinya dapat salurkan kepada masyarakat di Turki dan negara sekitarnya

“Semoga apa yg kita lakukan menjadi bagian dari amal saleh kita semua dan hidup saling tolong menolong di atas bumi Allah ini” pungkasnya (***)

REKOMENDASI