Pj Bupati Aceh Jaya Resmikan Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Pante Kuyun

  • Whatsapp
Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si Meresmikan Pelayanan Rawat Inap pada Puskemas Pante Kuyun di Kec. Setia Bakti. Jum’at (10/02/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si meresmikan pelayanan rawat inap pada Puskemas Pante Kuyun di Kecamatan Setia Bakti, Jum’at (10/02/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRK Aceh Jaya, Sekretaris Daerah Aceh Jaya, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Jaya, Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Jaya, Kepala Dinas Kesehatan, Para SKPK Terkait, Unsur Forkopimcam Setia Bakti, para Keuchik Dalam Kemukiman Lageun dan Pante Kuyun dan unsur terkait lainnya.

BACA JUGA

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya Rosniar, SKM menyampaikan bahwa Puskesmas Pante Kuyun merupakan puskesmas rawat jalan yang pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2016, saat itu diperlukan untuk menjalankan rawat jalan untuk Kemukiman Pante Kuyun. Berkat dukungan dari masyarakat yang sudah menghibahkan tanah seluas 3 hektar untuk lokasi Puskesmas Pante Kuyun ini. Alhamdulillah, sudah terlaksana sejak tahun 2016 yang lalu.

Sambunganya, berkat dukungan Pj. Bupati Aceh Jaya dan permintaan dari masyarakat yang sangat antusias untuk menyampaikan kepada kami agar status puskesmas rawat jalan ditingkatkan menjadi puskemas rawat inap. Saat ini Puskesmas Pante Kuyun berstatus rawat inap sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 440/29/2023 dengan kriteria pedesaan dan akan dilakukan akreditasi pada tahun 2023 ini.

“Puskesmas Pante Kuyun dalam desain dan jumlah ruangannya telah memenuhi prototype pembangunan puskesmas. Puskesmas Pante Kuyun juga telah memiliki Dana Insentif Daerah (DID) pembangunan penambahan ruangan sehingga dapat dilengkapi sejumlah ruangan untuk pelayanan kesehatan yang berstandar nasional.” Ungkap Rosniar.

Kemudian Pj. Bupati Aceh Jaya juga menyampaikan bahwa tahun ini ada dua puskesmas yang ingin kita tingkatkan menjadi rawat inap yaitu Puskesmas Pante Kuyun dan Puskesmas Ligan. Hal ini kita lakukan karena mengingat jarak tempuh yang cukup jauh sehingga kita prioritaskan menjadi puskemas rawat inap. Setelah puskesmas ini kita operasionalkan menjadi puskesmas rawat inap tentunya kita harus terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualiatas baik dari sisi sarana-prasarana, SDM dan tata kelola. Kemudian hal yang paling penting adalah pendekatan kepada masyarakat agar mereka merasa nyaman datang ke puskesmas.

Ukuran keberhasilan kesehatan tentunya berbeda dengan ukuran ukuran bidang lain seperti halnya nelayan jika semakin banyak dapat ikan maka semakin bagus. Kemudian petani semakin banyak panen padi maka semakin bagus. Namun berbeda dengan kesehatan jika semakin banyak orang yang tidak datang ke puskesmas justru semakin bagus karena menandakan sangat sedikit masyarakat yang sakit.

Oleh karena prenventif action kesehatan lingkungan dan kesehatan komunal harus kita tingkatkan. Hal ini kita upayakan supaya masyarakat bisa menjaga kesehatan serta bisa melakukan budaya hidup sehat. Ujung tombak untuk melakukan promosi kesehatan berada di puskemas, gerakkan puskesmas untuk membantu tenaga kesehatan agar masyarakat kita semakin sadar dengan budaya hidup sehat.” Ungkap Pj. Bupati Aceh Jaya.

Mari sama-sama kita yang jaga apa yang sudah kita bangun dari tangan –tangan yang kurang bertanggung jawab yang akan mengakibatkan kerusakan bangunan dan fasilitas yang sudah kita miliki.

Ia juga berpesan Kepada Ketua DPRK dan Ketua Komisi C beserta anggotanya untuk memberikan dukungan agar upaya dalam membangun layanan kesehatan yang profesional semakin hari semakin bisa dilakukan dengan lebih komprehensif baik dari sisi SDM, sarana prasarana dan budaya hidup sehat dari masyarakat. Mulai dari kebijakan, fungsi alokasi, dan fungsi pengawasan akan membuat kita semakin mantap dalam melangkah untuk menyediakan layanan-layanan terbaik bagi Kabupaten Aceh Jaya.

“Saya sebagai Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Aceh Jaya mengucapkan terimakasih dan apresiasi Kepada semua pihak atas sumbangsih saudara-saudara yang telah membantu terwujudnya layanan Puskesmas Pante Kuyun sebagai puskesmas rawat inap.” Ucap Dr. Nurdin.

Ia juga berpesan kepada Kepala Puskesmas Pante Kuyun beserta jajarannya untuk terus memberikan layanan terbaik karena ini merupakan ladang pengabdian terbaik kepada masyarakat (***)

REKOMENDASI