Mewujudkan Kabupaten Layak Anak, Pemkab Aceh Jaya adakan Rapat Koordinasi Evaluasi Mandiri

  • Whatsapp
(foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya T.Reza Fahlevi, MM, memimpin rapat koordinasi evaluasi mandiri SKPK Sekber Bangraja dalam rangka Persiapan Aceh Jaya menuju kabupaten Layak Anak di Aula Lantai 3 Setdakab Aceh Jaya, Rabu (15/02/2023)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Aceh Amrina Habibi, SH, MH, Unsur Forkopimda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Jaya, Staf Ahli Bupati Aceh Jaya, Kepala Bappeda Aceh Jaya, Para Kepala SKPK yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Bangkit Generasi Aceh Jaya  (Sekber Bangraja) dan unsur terkait lainnya

BACA JUGA

Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Jaya Hendri Kusnadi, S.Pd, M.Si selaku Ketua Gugus Sekber Bangraja memaparkan Kondisi Kabupaten Aceh Jaya dari tahun 2017 sampai dengan 2022 untuk menuju Kabupaten Layak Anak. Pada tahun 2017 – 2019 Kegiatan KLA masih bertumpu pada satu Instansi yaitu DPMPKB dengan kondisi perkembangan score dan target nasional belum terpenuhi serta belum maksimal koordinasi lintas sektor yang mendukung KLA.

Selanjutnya, pada tahun 2019-2020 gugus tugas KLA mulai berjalan secara terintegrasi dengan beberapa lintas sektor/SKPK dengan dibentuk sebuah wadah (Sekber Bangraja) mulai dikoordinir oleh Bappeda selaku ketua Gugus KLA melalui Gerakan Bangkit Generasi Aceh Jaya dengan 12 SKPK, Kemudian pada tahun 2021 -2022 gugus tugas KLA mulai berjalan maksimal dengan 16 SKPK akan tetapi masih lemahnya komitmen dan pemahaman di level kebijakan daerah.

“Dukungan Sekber Bangraja Aceh Jaya yaitu memastikan kualitas perencanaan dan intervensi dari SKPK Sekber. Untuk memastikan kualitas perencanaan ditingkat Kabupaten dan Pemerintahan Gampong, Bappeda membentuk wadah bersama.” Ungkapnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Aceh Amrina Habibi, SH, MH menyampaikan dalam rangka evaluasi mandiri menuju Kabupaten Layak Anak bahwa selama ini Sekber  Bangraja sudah bekerja namun dirasa masih belum optimal terutama dalam hal penyampaian data dukung dan dokumentasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA).

Oleh sebab itu dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Sekber Bangraja harus segera berbenah dan mempunyai pemahaman serta komitmen yang setara. Disamping itu juga memperkuat SDM, Kelembagaan, dukungan anggaran yang spesifik, dan tidak kalah penting adalah kemitraan dan dukungan masyarakat serta partisipasi dari kalangan Anak-anak itu sendiri.

Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Sekber Bangraja akan berusaha secara maksimal untuk mewujudkan Kabupaten Aceh Jaya menjadi Kabupaten Layak Anak.

Tambahnya, Hal yang paling penting untuk mendorong kita dalam bergerak bersama  dan mencintai daerah serta fokus dalam bekerja dan juga tidak ada kata mengeluh

“Saya menekankan kepada seluruh ASN dan masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini. Kita tidak ingin lagi mendengar atau membaca di media massa bahwa anak-anak menjadi pelaku tindak kriminal maupun korban. Mari kita dorong bersama semoga Anak-anak di Kabupaten Aceh Jaya tumbuh dan berkembang  secara optimal dimana kelak mereka menjadi generasi  penerus bangsa yang siap menghadapi tantangan globalisasi. Tanamkan pondasi yang kuat dengan Agama dan juga dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga Imtaq dan Iptek berjalan beriringan. Dan  yang terakhir kita harus  mempunyai komitmen yang kuat untuk menjadikan Kabupaten Aceh Jaya menjadi Kabupaten Layak Anak.” Ucap T. Reza Fahlevi

REKOMENDASI