Salurkan Bantuan, Sekda Aceh Jaya Tinjau Langsung Rumah Tidak Layak Huni di Darul Hikmah

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM melakukan kunjungan ke rumah dhuafa di Gampong Pajar, Kecamatan Darul Hikmah pada Selasa (14/03/2023), untuk memberikan bantuan dan memberikan perhatian kepada keluarga tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, T. Reza Fahlevi didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Baitul Mal, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Camat Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya, beserta Keuchik dan Kepala Dusun setempat mengecek langsung kondisi rumah tersebut. Dari hasil tinjauan, rumah tersebut membutuhkan perbaikan dan renovasi untuk memastikan kenyamanan bagi keluarga tersebut.

BACA JUGA

Sekda Aceh Jaya juga berbincang-bincang dengan keluarga tersebut untuk memahami kondisi dan kebutuhan mereka secara langsung. Ia menyampaikan bahwa selalu siap membantu dan memberikan perhatian kepada warga yang membutuhkan.

T. Reza Fahlevi, MM, berharap bahwa kunjungannya dapat memberikan dampak positif bagi keluarga tersebut dan juga menjadi inspirasi masyarakat Aceh Jaya untuk lebih peduli dan memperhatikan mereka yang membutuhkan.

Rumah tersebut dihuni oleh seorang ibu tunggal yang bernama Siti Hawa (66) atau yang akrab dipanggil Nek Hawa dan anaknya Herman (35) yang berkebutuhan khusus. Nek Hawa adalah warga translokal yang berasal dari Aceh Selatan yang pindah ke Aceh Jaya. Ia mempunyai 4 orang anak, namun sejak berpisah dengan suaminya pada tahun 2004, ketiga anak lainnya ikut dengan suaminya. Kini hanya mereka berdua yang tinggal di rumah tersebut.

Keluarga Nek Hawa sendiri sering mendapatkan bantuan dari pemerintah baik uang tunai, biaya pengobatan maupun sembako. Tidak hanya itu, pada tahun 2017 sendiri rumah yang ditempatinya tersebut juga sudah pernah direhab menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2017 lalu.

T. Reza Fahlevi menyatakan rasa prihatinnya melihat kondisi rumah yang kurang layak huni bagi keluarga tersebut. Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha agar dapat memberikan bantuan rumah layak huni agar keluarga tersebut dapat tinggal dengan lebih nyaman dan aman.

“Pemkab Aceh Jaya dalam hal ini terus mendata mengenai warga miskin dan rumah tidak layak huni. Kita juga akan terus berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah kita.” Ucap Sekda Aceh Jaya.

 

REKOMENDASI