Terapkan Aplikasi Srikandi, Pemkab Aceh Jaya Terima Penghargaan

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menerima penghargaan dari Gubernur Aceh sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang telah berhasil mengimplementasikan Aplikasi Srikandi. Penghargaan ini diterima Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, dalam acara Launching Aplikasi Srikandi, pada Pemerintah Provinsi Aceh di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Rabu (17/05/2023).

Aplikasi Srikandi adalah sebuah sistem informasi yang berfungsi untuk mempermudah proses pengarsipan dan mengoptimalkan pengelolaan arsip di dalam instansi Pemerintahan. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja instansi pemerintahan.

BACA JUGA

Launching Aplikasi Srikandi, Aplikasi Telusur Arsip, dan Diorama Kerarsipan Pemerintah Provinsi Aceh ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tamu undangan, termasuk di antaranya adalah Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs. Imam Goenarto, M.Hum., Para Pimpinan Daerah dalam Provinsi Aceh atau perwakilannya, Para Kepala  SKPA, serta Para Kepala SKPK terkait.

Pj. Gubernur Aceh dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Dr. Iskandar, AP, S.Sos, M,.Si  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya atas kesuksesan implementasi Aplikasi Srikandi. Ia berharap bahwa prestasi ini dapat memotivasi daerah lain untuk mengadopsi teknologi serupa guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Aceh. Menurutnya perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut pelayanan publik yang lebih baik dan terus beradaptasi dengan penggunakan teknologi, informasi dan komunikasi termasuk dalam tata kelola kearsipan.

“Pemerintah Aceh berkomitmen mempersiapkan langkah strategis agar mampu beradaptasi dengan era industri digital menuju Aceh Digital. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari amanat dari Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Implementasi Aplikasi Srikandi juga merupakan upaya dari Pemerintah Aceh menuju Aceh Digital yang dalam perjalanannya membutuhkan kreativitas dan inovasi tanpa henti. Kita berharap aplikasi ini dapat diimplementasikan oleh seluruh SKPA dan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh.” Ungkapnya

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. IMAM GUNARTO, M.Hum, menyampaikan sudah seharusnya SKPA maupun Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mulai memindahkan cara kerja yang sebelumnya manual ke cara kerja digital.

“Di Tahun 2021, Presiden Republik Indonesia sudah menginstruksikan untuk meninggalkan cara kerja yang lama dan beralih ke cara kerja yang baru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, tinggalkan pengelolaan arsip manual dan gunakan cara digital. Sekarang ini Aceh sudah melaksanakan Instruksi presiden tersebut untuk mengelola arsip secara digital.” Jelas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM., menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Ia juga berharap penggunaan Aplikasi Srikandi dapat terus ditingkatkan guna memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. “Kami akan terus memaksimalkan penggunaan Aplikasi Srikandi untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan publik di Aceh Jaya,” ujarnya.

T. Reza Fahlevi melanjutkan bahwa Prestasi tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memiliki komitmen yang tinggi dalam menerapkan teknologi informasi untuk memajukan pelayanan publik.

Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Aceh atas kerja keras dan komitmen dari SKPK di Kabupaten Aceh Jaya dalam mengimplementasikan Aplikasi Srikandi dengan baik dan berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik. (***)

REKOMENDASI