Pemkab Aceh Jaya Terima Penghargaan sebagai Pengelolaan DAK Fisik dan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2022

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memperoleh prestasi yang membanggakan setelah menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Terbaik Tahun 2022 dan Pemerintah Daerah dengan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2022. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh Kurniawan, S.E, M.B.A, yang diterima oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM, pada rapat koordinasi transfer dana ke daerah Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Jaya pada Jumat (19/05/2023).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya dan kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dalam mengelola DAK fisik dan penyaluran Dana Desa secara efektif dan efisien, serta transparan. Kabupaten Aceh Jaya berhasil menonjolkan diri di antara kabupaten lainnya di Wilayah Kerja KPPN Meulaboh.

BACA JUGA

T. Reza Fahlevi, MM, menyatakan rasa bangganya atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Ia mengungkapkan bahwa prestasi tersebut adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Masyarakat, dan seluruh stakeholder terkait.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala KPPN Meulaboh Kurniawan, S.E, M.B.A, Kepala Seksi Bank KPPN Meulaboh, Zamzam Ahmad Nurzaman, SE, Para Asisten Setdakab Aceh Jaya serta Kepala SKPK terkait di Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan utama dari rapat ini adalah untuk memastikan kelancaran dan keselarasan dalam proses transfer ke Daerah T.A. 2023.

Dalam rapat koordinasi tersebut, T. Reza Fahlevi menyampaikan penekanan pentingnya koordinasi yang baik antara Pemkab Aceh Jaya dan KPPN Meulaboh. Ia menjelaskan bahwa transfer ke daerah merupakan proses yang vital dalam pengelolaan Keuangan Daerah, sehingga perlu dilakukan dengan cermat dan akurat.

T. Reza Fahlevi juga menyampaikan pentingnya pemenuhan persyaratan dan ketentuan yang berlaku secara regulasi dalam proses transfer ke daerah. Ia menyoroti pentingnya laporan keuangan yang akurat, pengajuan dokumen yang lengkap, serta pemenuhan tata kelola keuangan yang baik dalam rangka menjaga transparansi dan akuntabilitas.

Dalam rapat tersebut, pihak KPPN Meulaboh juga menyampaikan paparan mengenai prosedur dan tata cara transfer ke daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan juga menjelaskan berbagai aspek yang harus diperhatikan, termasuk proses verifikasi dokumen, pengendalian anggaran, serta pemenuhan persyaratan administratif lainnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan proses transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023 antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan KPPN Meulaboh dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini akan berdampak positif pada pengelolaan anggaran, peningkatan pelayanan publik, dan pembangunan di Kabupaten Aceh Jaya. (***)

REKOMENDASI