Pj Bupati Aceh Jaya Resmikan Rumah Singgah Bagi Pasien dan Pendamping Orang Sakit dari Kabupaten Aceh Jaya di Banda Aceh

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin meresmikan Rumah Singgah dan Rumah Tunggu Kelahiran bagi pasien/pendamping orang sakit dari Kabupaten Aceh Jaya, Jumat, 26 Mei 2023. Acara peresmian ini diadakan di Banda Aceh dan dihadiri oleh para pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, serta pihak terkait.

Rumah Singgah didirikan dengan tujuan memberikan tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi pasien dan pendamping yang datang dari Kabupaten Aceh Jaya untuk mendapatkan perawatan medis di Banda Aceh. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan beban dan biaya akomodasi bagi pasien dan pendamping dapat dikurangi, sehingga mereka dapat fokus pada pemulihan dan perawatan yang dibutuhkan. Rumah Singgah terletak di Jl. Lamtemen Timur, Kelurahan Lamtemen Timur, Kota Banda Aceh (di ruko di Taman Adhiyaksa).

BACA JUGA

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga telah menyediakan Rumah Tunggu Kelahiran yang terletak di Jl. Seulanga no.8, Kelurahan Beurawe, Kota Banda Aceh, tepat di sebelah RSUD Dr. Zainoel Abidin. Rumah Tunggu Kelahiran ini merupakan fasilitas yang disediakan khusus untuk kebutuhan pasien/keluarga pendamping yang dirujuk ke Banda Aceh untuk persiapan persalinan tingkat lanjut.

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Kesehatan juga telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain Rumah Singgah dan Rumah Tunggu Kelahiran, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga menyediakan bantuan uang saku sebesar Rp 1.000.000 bagi pasien dan pendamping yang kurang mampu yang dirujuk dari RSUD Teuku Umar ke Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S. Sos,. M. Si, mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Rumah Singgah dan Rumah Tunggu Kelahiran ini. Beliau menyampaikan, “Fasilitas ini adalah wujud nyata perhatian dan kepedulian kita terhadap warga Kabupaten Aceh Jaya yang membutuhkan perawatan medis di Banda Aceh. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan mereka dapat lebih tenang dan nyaman selama masa pengobatan mereka.”

Pihak berwenang bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara Rumah Singgah dan Rumah Tunggu ini agar tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan pendamping. Keberadaan fasilitas ini menjadi bukti nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Rumah Singgah dan Rumah Tunggu ini merupakan langkah konkret dalam mendukung program Pemerintah Aceh Jaya untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Jaya. Pemerintah Aceh Jaya berharap agar fasilitas serupa juga dapat dikembangkan di daerah lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang serupa.

 

REKOMENDASI