Sekda Aceh Jaya Buka Pelatihan Pengelasan, Pelatihan Tata Busana Berbasis Vokasi dan Kompetens

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM membuka acara pelatihan pengelasan dan pelatihan tata busana berbasis vokasi dan kompetensi di Aula Dinas Tenaga Kerja (Transnaker) Aceh Jaya, Rabu (31/052023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM membuka acara pelatihan pengelasan dan pelatihan tata busana berbasis vokasi dan kompetensi di Aula Dinas Tenaga Kerja (Transnaker) Aceh Jaya, Rabu (31/052023)

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Badan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh, Rahmad Faisal, S.T, Kepala Dinas Transnaker Aceh Jaya, Sulaiman, S.Sos, Kepala Dinas Koperindag Aceh Jaya, Ners. Ernani Wijaya, S.Kep., M.Kep, dan unsur terkait lainnya

BACA JUGA

Acara pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Aceh Jaya, khususnya para Generasi Muda untuk mengembangkan keterampilan dan memperoleh pengetahuan yang relevan dengan bidang pengelasan dan tata busana. Diharapkan dengan kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kompetensi mereka dan memperluas peluang kerja serta berkontribusi pada pengembangan sektor industri di daerah ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Jaya, Sulaiman, S.Sos juga menyampaikan harapannya, “kita berharap dengan adanya dua kegiatan ini ke depannya bisa lebih eksis kerja kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Provinsi. dan masyarakat yang membutuhkan bimbingan skill dapat terakomodir di Balai Pelatihan kerja ini, sehingga mereka bisa mandiri, bisa terserap sebagai tenaga kerja, baik sebagai individu ataupun melalui perusahaan  atau koperasi.” Ucapnya.

Selain itu, Kepala Diskoperindag Aceh Jaya, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah suatu kolaborasi yang luar biasa untuk Dinas Koperindag sendiri, nantinya kita akan mengantongi siswa-siswa berprestasi untuk dapat kita promosikan, dan kita akan mengusahakan memasarkan hasil dari yang mereka buat.

Kepala BPVP Banda Aceh Rahmad Faisal, ST menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Jaya yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah pusat. Melalui kolaborasi dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, kita berharap dapat menurunkan angka kemiskinan ekstrim dan dapat menurunkan angka pengangguran dan putra putri Aceh Jaya dapat mempunyai skill yang bisa berdaya saing dengan tenaga-tenaga kerja lainnya.

Sekda Aceh Jaya T. Reza Fahlevi menyampaikan pelatihan menjahit  dan pengelasan ini  sumber dana dari APBK Aceh Jaya  dan dibiayai oleh Balai Pelatihan  Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh. Harapannya dengan adanya dua pelatihan ini, masyarakat Aceh Jaya, khususnya para pemuda-pemudi bisa menjadi tenaga-tenaga terampil sehingga yang dulunya menganggur bisa menjadi produktif.

Ia juga menyampaikan pentingnya pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. “Kami sangat mengapresiasi inisiatif Dinas Transnaker Aceh Jaya dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Pelatihan berbasis vokasi dan kompetensi merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakat Aceh Jaya di dunia kerja,” ujar T. Reza Fahlevi.

REKOMENDASI