Gelar Kegiatan “Saweu Sikula” Ketua IPELMAKS: Anak Orang Miskin Juga Bisa Kuliah

  • Whatsapp
Para siswa SMA Negeri 1 Calang bersama pengurus IPELMAKS dan pemateri usai melaksanakan kegiatan “Saweu Sikula” di sekolah tersebut, Senin (21/2/2022) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Ikatan Pelajar Mahasiswa Krueng Sabee (IPELMAKS) mengadakan kegiatan “Saweu Sikula” di SMA Negeri 1 Calang dan SMK Negeri 1 Calang, Senin (21/2/2022)

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi motivasi kepada Siswa/i dan mengusung tema “Meningkatkan Seft Confident Bagi Siswa/i Krueng Sabee Terhadap Pendidikan Tinggi”.

BACA JUGA

Rahmad Hidayat, Ketua Umum IPELMAKS mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar bedasarkan dari rendahnya minat Siswa/i terhadap pendidikan tinggi, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, serta minimnya pemahaman terhadap bagaimana pendidikan tinggi baik dari segi Jurusan Maupun Beasiswa yang ada.

“Selain memberikan motivasi kepada siswa, saat pelaksanaan kegiatan ini kami juga memberikan kisi-kisi tentang seputaran tata cara dan mengenal jurusan di Universitas yang ada di Aceh.” ujar Rahmat.

Dengan demikian, lanjutnya, siswa mendapat gambaran tentang jurusan, sehingga akan para siswa akan memilih jurusan bedasarkan minat dan kemampuannya.

“Kami juga mengunjugi dua SMA dan Satu SMK yang adai di Kecamatan Krueng Sabee yaitu SMA N 1 Calang, SMK N 1 Calang dan SMA N 1 Krueng Sabee” jelasnya.

Rahmad berharap agar para orang tua siswa juga ikut berperan dan memberikan dukungan kepada anaknya agar melanjutkan kependididikan selanjutnya.

“Saya berharap orang tua siswa untuk mendorong dan mendukung anaknya untuk melanjutkan kependidikan selanjutnya, baik ke perguruan tinggi maupun menjadi TNI dan Polri” ujarnya.

Ketua Umum IPELMAKS, Rahmad Hidayat (Foto/Ist)

Rahmat menegaskan, ekonomi keluarga pas-pasan bukan faktor utama kendala dalam menempuh perguruan tinggi. Menurutnya, banyak beasiswa yang bermunculan dan hal tersebut sangat mendukung siswa untuk kuliah.

“Anak orang miskin juga bisa kuliah. Sejak dari sekolah sudah ada beasiswa, baik itu KIP atau bidikmisi hingga beasiswa lainnya di kampus dan luar kampus. Sekarang tinggal siswa tersebut ingin menggali informasi mengenai beasiswa yang sedang diselenggarakan tersebut” papar Rahmat.

“Masalah sekarang dalam melanjutkan ke perguruan tinggi adalah kurangnya kemauan, baik dalam hal mencari Informasi tentang beasiswa mau pun kurang percaya diri dari pada siswanya terhadap tujuan yang ingin dicapai.” tambah Rahmad.

Ikatan Pelajar Mahasiswa Krueng Sabee juga akan membantu bagi siswa yang ingin kuliah dan tidak memiliki kemampuan dari segi materil.

“Kita akan sama-sama membantu dan mendukung segala kendala yang dihadapi adek-adek yang ingin berkuliah baik dari segi dana, proses belajarnya, maupun kendala yang lainnya. Kita akan mencari solusi bersama nantinya.” pungkasnya. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI