Jubir KPA Meurehoem Daya: Terpilihnya Ketua DPW PA Aceh Jaya Sudah Sesuai Prosedur

  • Whatsapp
Juru bicara Komite Peuralihan Aceh (KPA) Wilayah Meurehoem Daya, Aceh Jaya, Usman ID alias Pang Man (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Juru bicara Komite Peuralihan Aceh (KPA) Wilayah Meurehoem Daya, Aceh Jaya, Usman ID alias Pang Man menanggapi adanya sorotan pelaksanaan Muswil ke II Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya dari salah seorang eks kombatan GAM di Lamno.

Pang Man mengungkapan, awalnya undangan yang diedarkan memang untuk kegiatan acara silaturrahmi Pelaksana Tugas (Plt) DPW PA Kabupaten Aceh Jaya, Ermiadi Abdurrahman, dengan tokoh Partai Aceh beserta dengan seluruh pengurus Dewan Pimpinan Sagoe (DPS) se-kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

BACA JUGA

Lanjutnya, saat pelaksanaan kegiatan, para undangan yang berhadir mengusulkan forum tersebut menjadi forum Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW Partai Aceh Jaya ke II dikarenakan mencukupi syarat pelaksanaan Musyawarah (Muswil).

“Bila ditinjau Ad/Art partai, forum tersebut sudah memenuhi syarat terselenggaranya Muswil karena usulan hadir dari utusan DPS dan juga para tokoh partai serta disaksikan langsung oleh Plt Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya dan utusan DPA PA Pusat,” ujar Pang Man, Jumat (25/3/2022) saat menghubungi media ini via Seluler.

Ia pun menjelaskan, saat di forum, Ketua KPA Wilayah Meurehoem Daya, Pang Sai berulang kali menanyakan apakah hal ini disepakati secara bersama.

“Dalam forum, Panglima (ketua) berulang kali menanyakan kepada peserta forum apakah disepakati bila Muswil dilaksanakan terus dan forum pun menyepakati” terangnya.

Lalu, lanjutnya, saat pelaksanaan Muswil, dengan banyak pertimbangan serta menimbang masukan para tokoh partai, forum pun menyepakati dan mengusulkan Azhar Abdurrahman menjadi Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya periode 2022 – 2027 secara aklamasi.

“Jika saat ini ada yang mempertanyakan surat undangan dengan agenda penyusunan pengurus partai yang ditandatangani oleh ketua terpilih, kapan Muswil-nya dan pemilihannya tidak sesuai dengan agenda tata cara Muswil, maka bisa dipastikan hal tersebut adalah statement keliru” ujar Pang Man sebagai jubir KPA wilayah Meurehoem Daya

Menurutnya, Sosok Azhar Abdurrahman merupakan kader terbaik yang saat ini dimiliki oleh Partai Aceh dan layak menjadi Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya.

“Kami berharap kepada seluruh KPA dan kader serta simpatisan Partai Aceh di Aceh Jaya agar bersatu untuk sama – sama membesarkan partai dan melanjutkan cita-cita politik sebagaimana yang telah diamanahkan dan diarahkan oleh DPA PA Pusat” tutupnya.

Sebelumnya, Eks Kombatan GAM wilayah Meureuhom Daya asal Lamno yakni Sofyan alias Lampoh angkat bicara tentang undangan yang diterima dari Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya terpilih, Azhar Abdurrahman.

Lampoh menjelaskan, pada tanggal 17 Maret 2022 kemarin dirinya menerima undangan acara silaturrahmi Pelaksana Tugas (Plt) DPW PA Kabupaten Aceh Jaya, Ermiadi Abdurrahman dengan tokoh Partai Aceh.

Lanjutnya, akan tetapi, sudah ada surat undangan dengan agenda penyusunan pengurus partai yang ditandatangani oleh ketua terpilih.

“Kapan Muswil-nya dan kapan pemilihannya? Ini tidak sesuai dengan agenda tata cara Muswil,” tegas Lampoh saat menghubungi media ini, Kamis (24/3/2022).

Dirinya pun mengingatkan agar pihak terkait memahami kembali AD/ART partai, dimana pelaksanaan Muswil sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya beritahukan tentang aturan AD/ART partai, jangan main-main, belajar dulu sebelum di agenda siapa yang pilih atau siapa yang tunjuk, dalam berpolitik agar benar-benar mengetahui tentang hukum,” katanya.

“Jangan menyesal kemudian hari. Kita sama-sama memberi masukan agar mematuhi hukum,” tambahnya. (***)

REKOMENDASI