Tim SAR Aceh Jaya Evakuasi Warga Asing yang Terjebak di Pulau Raya

  • Whatsapp
Tim SAR Aceh Jaya bersama tim Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Calang dan juga Dinas Perhubungan bagian Navigasi melakukan evaluasi warga asing yang terjebak di Pulau Raya Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (27/4/2022) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Tim SAR Aceh Jaya bersama tim Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Calang dan juga Dinas Perhubungan bagian Navigasi melakukan evaluasi warga asing yang terjebak di Pulau Raya Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (27/4/2022)

Satgas SAR Aceh Jaya, Mirza Safrinadi mengatakan, pihaknya melakukan evakuasi kapal layar milik warga asing tersebut pada Rabu malam sekitar jam 22.00 WIB.

BACA JUGA

“Tim bergerak ke lokasi menggunakan boat nelayan PPI Rigaih dan selesai evakuasi ke Calang sekitar jam 06.30 WIB. Mereka mengalami kerusakan mesin dan kebocoran pada dek bawah kapal layar” terang Mirza

“Alhamdulillah untuk sementara sudah teratasi kebocoran, awak kapal sudah kita evakuasi ke teluk calang, tepatnya di depan pelabuhan kelas III dan TPI Gampong Blang Calang. Mereka akan kita bawa ke Rumah Sakit Teuku Umar Calang untuk diperiksa kesehatan” lanjutnya.

Untuk saat ini, tambahnya, para awak kapal sudah di bawa ke rumah sakit dan sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Warga asing yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR Aceh Jaya sedang melakukan pemeriksaan di RSUD Teuku Umar Calang, Rabu (27/4/2022) (Foto/Ist)

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Kelas III Calang, Azwana Amru Harahap kepada republikaceh.net Rabu (27/4/2022) saat dijumpai diruang kerjanya mengatakan, kapal layar ST red moon milik turis tersebut berlayar dari sabang sejak 13 April 2022 sesuai dari surat izin yang dikeluarkan oleh Syahbandar Sabang, dengan tujuan ke Aceh Singkil untukMengikuti Ajang WEST SUMATERA RALLY YACHT 2022.

“Awal mula diketahui mogok kapal layar ST Red Moon itu dari laporan KPLP Sabang meneruskan ke KPLP Calang, yang bahwa pada 24 April kemarin Elizabeth selaku nahkoda kapal menghubungi pihak Syahbandar Sabang” ujar Amru

Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Kelas III Calang, Azwana Amru Harahap, Rabu (27/4/2022) (Foto/Zahlul Akbar)

Lanjutnya, pihak Syahbandar Sabang meneruskan ke Syahbandar Calang.

“Setalah itu kita jalin komunikasi dengan Elizabeth selaku nahkoda kapal dan kita mendapatkan posisi keberadaan kapal dan seterusnya kita berkoordinasi dengan tim SAR Aceh Jaya dan ke grup ermengency Aceh Jaya untuk dilakukan evakuasi.

“Alhamdulillah tim langsung bergerak ke lokasi setelah sholat tarawih sekitar jam 23.00 WIB untuk menjemputnya,” ujar Amru.

Proses evakuasi, sambungnya, melibatkan SAR Aceh Jaya, KPLP Calang dan juga dibantu oleh pihak dinas perhubungan bagian navigasi.

Data yang dihimpun, Warga asing yang di Avakuasi yaItu Elizabeth (37) warga negara Australia selaku nahkoda kapal, Shounies (38) warga negara shouth African, Shaheen (39) warga negara shout African. Shounies dan Shaheen berstatus suami istri. (Zahlul Akbar)

 

REKOMENDASI