Pemkab Aceh Jaya bersama BBPOM Aceh Lakukan Inspeksi Jajanan Ramadhan di Pasar Calang

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM bersama dengan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh Yudi Noviandi, M.Sc.Tech., Apt. dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya Rosniar, S.K.M, melakukan pengawasan terhadap pangan jajanan Ramadhan 1444 H di Pasar Calang, Selasa (04/04/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM bersama dengan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh Yudi Noviandi, M.Sc.Tech., Apt. dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya Rosniar, S.K.M, melakukan pengawasan terhadap pangan jajanan Ramadhan 1444 H di Pasar Calang, Selasa (04/04/2023).

Dalam pengawasan tersebut, T. Reza Fahlevi dan Yudi Noviandi memeriksa kualitas dan keamanan pangan jajanan Ramadhan yang dijual oleh para pedagang di lokasi sentra jajanan pangan Ramadhan Kota Calang dengan membeli jajanan dari tiap pedagang untuk dijadikan sampel uji pada lab yang disediakan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh. Setelah melakukan beberapa uji coba terhadap sampel jajanan tersebut, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menyatakan bahwa jajanan Ramadhan yang ada di sekitar sentra jajanan Ramadhan Calang tersebut aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan–bahan yang berbahaya.

BACA JUGA

Sekretaris Daerah Aceh Jaya mengapresiasi para pedagang yang berjualan di lokasi tersebut, dirinya menyebutkan langkah yang dilakukan para pedagang tersebut sudah tepat dengan tetap menjaga kualitas dan kesehatan setiap makanan yang dijual.

“Kepada masyarakat Aceh Jaya khususnya pengusaha UMKM yang berjualan di bulan Ramadhan ini, kita sangat senang dengan hasil uji coba yang dilakukan oleh BPOM dengan hasil lab negatif (tidak mengandung bahan–bahan yang berbahaya). Kami mengimbau masyarakat untuk terus berkarya dalam dagangannya dengan menggunakan bahan–bahan yang sesuai ketentuan.” Ujarnya.

T. Reza Fahlevi juga mengatakan bahwa pengawasan pangan jajanan Ramadhan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat dari bahaya makanan yang tidak layak konsumsi. “Kami akan terus melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa masyarakat Aceh Jaya bisa menikmati pangan jajanan Ramadhan yang sehat dan aman,” Lanjut T. Reza Fahlevi.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh Yudi Noviandi, M.Sc.Tech., Apt. mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sampling terhadap 25 sample pangan jajanan siap saji di lokasi tersebut dan tidak menemukan kandungan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Rhodamine B serta Metanil Yellow.

“Kita sudah melakukan pengujian terhadap 25 sample jajanan, Alhamdulillah tidak satupun jajanan yang mengandung Boraks, Ormalin, Rodhamine B maupun Metanil Yellow. Alhamdulillah jajanan pangan siap saji yang ada di sentra jajanan Ramadhan Calang ini relatif aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.” Jelas Yudi Noviandi.

Dirinya mengatakan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh mengimbau masyarakat untuk mengutamakan makanan yang higien dan sanitasinya juga baik, sehingga makanan tersebut bersih dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat Aceh Jaya.

Pemerintah Aceh Jaya selain mendukung kegiatan ekonomi para pelaku UMKM juga memperhatikan kualitas dan keamanan pangan jajanan siap saji yang ada demi menjaga kesehatan dan kenyamanan masyarakat Aceh Jaya. (***)

REKOMENDASI