Wakil Bupati Aceh Jaya Tinjau Pilchiksung Serentak

  • Whatsapp
Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S saat meninjau pelaksanaan Pilchiksung serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Gampong Alue Piet, Kecamatan Krueng Panga, Sabtu (19/3/2022) (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S meninjau jalannya pelaksanaan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) serentak tahun 2022 di lima Kecamatan dalam kabupaten setempat, Sabtu (19/3/2022)

“Kegiatan pemilihan Keuchik secara langsung di 5 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya berjalan dengan tertib dan lancar” ujar Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Paya Seumantok, Kecamatan Krueng Sabee.

BACA JUGA

Wakil bupati menjelaskan, Pelaksanaan Pilchiksung serentak di Aceh Jaya berlangsung di setiap gampong yang masa jabatan keuchik di gampong tersebut telah habis.

“Di Aceh Jaya terdapat 172 gampong. Saat ini yang melaksanakan Pilchiksung serentak sebanyak 20 gampong di 5 kecamatan yang masa jabatan keuchiknya telah habis” terangnya.

Wakil bupati berpesan kepada keuchik terpilih nantinya untuk amanah dan kreatif dalam membangun gampong serta dapat menggali potensi agar menjadi omset sehingga menjadi pendapatan gampong.

Selain itu, lanjutnya, keuchik terpilih nantinya untuk lebih teliti menggunakan dana desa agar tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Bila ada kendala, boleh konsultasi dengan tim di kecamatan atau kabupaten agar mendapat bimbingan cara tepat dan benar menggunakan dana desa sehingga keuchik tidak tersandung kasus yang menyalahi dan bertentangan dengan hukum” tutupnya.

Sementara itu, Data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan keluarga Berencana (DPMPKB) Kabupaten Aceh Jaya, Pelaksanaan Pilchiksung serentak dilaksanakan di 20 gampong dalam 5 kecamatan, diantaranya;

1. Kecamatan Sampoiniet di Gampong Pulo Raya, Gampong Jeumpheuk dan Gampong Blang Monlung.

2. Kecamatan Krueng Sabee di Gampong Paya Seumantok dan Gampong Curek.

3. Panga di Gampong Ladang Baro, Gampong Batee Meutudong, Gampong Panton Krueng, Gampong Alue Pande, Gampong Kuta Tuha, Gampong Alue Piet, Gampong Alue Abed, Gampong Gunong Mantok, Gampong Alue Raya, Gampong Gunong Buloh dan Gampong Alue Teungoh.

4. Pasie Raya di Gampong Lhok Guci

5. Teunom di Gampong Blang Baro, Ganpong Tanoh Manyang, dan Gampong Teupin Ara. (Zahlul Akbar)

 

REKOMENDASI