Hujan Mengguyur Aceh Jaya, Empat Desa Terendam Banjir di Kecamatan Sampoiniet

  • Whatsapp
Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sampoiniet, Saidi saat memantau banjir di Mukim Pante Purba, Kecamatan Sampoiniet, Senin (25/4/2022) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Hujan yang mengguyur wilayah Aceh Jaya mengakibatkan banjir di empat Desa di Mukim Pante Purba, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, sejak senin sore (25/4/2022).

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sampoiniet Saidi saat dihubungi republikaceh.net mengatakan, banjir terjadi saat menjelang buka puasa akibat curah hujan yang tinggi.

“Diperkirakan hujan sejak siang di hulu sungai, dan hujan mengguyur mukim Pante purba sejak sore selepas asar membuat tampungan air di sungai meluap hingga mengakibatkan banjir,” ujarnya.

Saidi menjelaskan, ketinggian air mencapai 20 cm hingga 70 cm. Menurutnya, tidak semua rumah terendam banjir di wilayah Kemukiman Pante Purba.

“Tidak semuanya terimbas banjir, hanya sebagian” ujarnya

Kondisi banjir di Mukim Pante Purba, Kecamatan Sampoiniet, Senin (25/4/2022) (Foto/Ist)

Saidi menerangkan jika saat banjir tiba masyarakat terlihat kocar kacir menyelamatkan hewan peliharaan di rumah masing-masing.

“Banjir merendam Desa Ie Jeureungeh dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) terimbas banjir sebanyak 109 dan jumlah jiwa 385 jiwa. Ini termasuk banjir yang merendam seluruh desa” paparnya

Saidi menyebutkan, adapun tiga desa lain yang sebagian dilanda banjir, yaitu Desa Ligan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) berjumlah 309 dengan jumlah penduduk mencapai lebih kurang 900 jiwa.

“Sebagian lagi Desa Seumantok dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 251 dan jumlah penduduk 738 jiwa. Sebagian lagi Desa Ranto Sabon dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 98 dengan jumlah penduduk 320 jiwa” lanjutnya.

Dirinya menambahkan, untuk saat ini debit air sedang menurun dan kondisi cuaca masih mendung serta hujan.

“Tidak ada warga yang mengungsi. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Muspika di kecamatan apabila ada banjir susulan” pungkasnya (Zahlul Akbar)

 

 

REKOMENDASI