Pemkab Aceh Jaya Bantu Masyarakat Kawasan Adat Terpencil

  • Whatsapp
Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Gampong Glee Putoh Kecamatan Panga, Kamis (19/01/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Gampong Glee Putoh Kecamatan Panga. Bantuan berupa Peralatan masak seperti kompor dan gas, Tempat tidur, lemari serta sembako lainnya yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, Kamis (19/01/2023).

Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan program pemerintah untuk memusatkan komunitas masyarakat agar terpusat dan mudah untuk disetarakan kesejahteraannya. KAT Seunong Bakti Gampong Glee Putoh sendiri terdiri dari 137 warga atau 37 Kepala Keluarga.

BACA JUGA

Pada Kesempatan itu, Masyarakat Gampong Glee Putoh dipersilahkan untuk melakukan diskusi dan menyampaikan keluhan secara langsung kepada Pj Bupati Aceh Jaya. Masyarakat menyampaikan sarana dan prasarana yang terbatas hingga kondisi jalan yang buruk dan mengganggu mobilitas masyarakat. Keuchik Gampong Glee Putoh menyampaikan bahwa jalan yang rusak tersebut sangat menghambat aktifitas warga, terutama di saat musim hujan. Anak-anak sekolah harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer untuk mencapai sekolah yang berada di Gampong lain.

“Atas nama Masyarakat Seunong Bakti Desa Gle Putoh, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Pj Bupati Aceh Jaya yang sudah hadir disini meskipun harus melewati medan yang rusak, serta kami sangat bersyukur atas bantuan dan perhatiannya terhadap gampong kami” Ucap pria yang biasa disapa Min tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya mengungkapkan, lokasi KAT seluas 800 hektar tersebut tidak pernah luput dari perhatian Pemerintah Aceh Jaya. Ia menjanjikan bantuan selama ini yang rutin dibagikan tidak akan dikurangi, bahkan diusahakan untuk ditambah.

“Untuk sarana dan prasarana di Gampong Glee Putoh, Pemerintah Aceh Jaya melalui Dinas PUPR akan mengupayakan untuk membangun akses jalan yang lebih baik, bahkan nanti akan kami diskusikan dengan Dinas Pendidikan untuk dibangun sekolah di gampong ini jika syarat-syaratnya terpenuhi. Sehingga anak-anak KAT Seunong Bakti ini tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh lagi.” ujar Dr. Nurdin

Sebagai suatu Daerah, lanjutnya, infrasturktur jalan sangat penting dan akan diusulkan di dalam perencanaan tahun 2024, mudah-mudahan bisa tertampung di dalam dokumen perencanaan tahun depan dan mendapatkan alokasi anggaran untuk membangunnya, baik itu infrastruktur jalan maupun infrastruktur lainnya.

“Dari segi ekonomi, kita juga memasukkan Gampong Glee Putoh ini kolaborasi dengan program-progam lain yang ada di Aceh Jaya seperti pogram yang terkait dengan sarana dan prasarana seperti sawit dan program pemberdayaan ekonomi seperti  SIGAM TAMPAN, membangun Pakan Berkualitas, Penanaman Singkong dan lainnya.” tambahnya (***)

REKOMENDASI