Pemkab Aceh Jaya Bahas Harmonisasi Rancangan Qanun Rencana Tata Ruang

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan Pembahasan Harmonisasi Rancangan Qanun tentang Rencana Tata Ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya tahun 2023-2043 bersama Perwakilan dari Kanwil Kemenkumham Aceh yang dilaksanakan di Aula Dinas PUPR Kabupaten Aceh Jaya pada Kamis (23/02/2023).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jonni Sahputra, S.Si, Perwakilan dari Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh, Sekretaris Dinas PUPR Aceh Jaya, Kepala Bagian Hukum Setdakab Aceh Jaya, dan unsur terkait lainnya.

BACA JUGA

Pada pembahasan ini, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Aceh menyampaikan hasil penelaahan dan harmonisasi serta pemantapan konsepsi rancangan qanun tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya tahun 2023-2043 yang telah dikirim sebelumnya. Para peserta pembahasan pun membahas berbagai aspek yang terkait dengan tata ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya.

Rancangan qanun tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya tahun 2023-2043 ini bertujuan untuk menciptakan tata ruang wilayah yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, peran dari perwakilan kanwil Kemenkumham Aceh sangat penting dalam hal harmonisasi dan legalitas dari rancangan qanun tersebut.

Pembahasan tersebut dilakukan dengan cermat dan teliti untuk memastikan bahwa semua aspek telah dipertimbangkan dengan baik sehingga dapat tercipta kesepahaman yang luas mengenai rancangan qanun tersebut.

Dalam proses harmonisasi, dilakukan analisis mendalam terhadap faktor-faktor seperti kebijakan nasional, kebijakan daerah, aspek sosial dan budaya, aspek lingkungan dan aspek ekonomi yang relevan dengan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Dalam hal ini, dilakukan negosiasi yang sehat dan proporsional untuk menjamin bahwa semua pihak dapat menerima dan mendukung hasil harmonisasi tersebut.

Harmonisasi rancangan qanun tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Aceh Jaya tahun 2023-2043 ini menjadi tugas yang sangat penting dan membutuhkan kerja sama yang erat dari semua pihak yang terlibat untuk memastikan tercapainya tata ruang wilayah yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Aceh Jaya. Semoga hasil harmonisasi ini dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat Aceh Jaya dalam jangka panjang. (***)

REKOMENDASI