Kabupaten Aceh Jaya Raih Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Jakarta | republikaceh.net – Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari pemerintah pusat atas komitmen dan dedikasinya dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia. Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03/2023).

Universal Health Coverage (UHC) adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pada umumnya, penghargaan UHC diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil mencapai target-target tertentu dalam program ini, seperti menurunkan angka kematian ibu dan bayi, meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

BACA JUGA

Dalam arahannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa hal antara lain :

  1. Pemerintah daerah agar mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia, dan masyarakat terlantar;
  2. Memastikan seluruh pemberi kerja di wilayahnya untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga sebagai peserta tanpa terkecuali dan mendorong penduduk pekerja informal yang mampu secara finansial untuk mendaftarkan dirinya dan keuarganya dalam program JKN;
  3. Mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu;
  4. BPJS kesehatan agar terus meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta, program KN harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu.

“Terus tingkatkan cakupan kepesertaan maupun kualitas pelayanan kesehatan, sekaligus pastikan masyarakat menjadi peserta aktif dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. Setiap lini masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan kesehatan sesuai hak dan kewajibannya.” Ucapnya.

Penghargaan UHC ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia. Melalui program ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat menikmati pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup mereka.

Dengan diraihnya penghargaan Universal Health Coverage ini, diharapkan pelayanan kesehatan di Aceh Jaya semakin baik dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Hal ini juga menunjukkan bahwa komitmen pemerintah daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional telah diakui oleh pemerintah pusat, dan tentunya harus terus ditingkatkan ke depannya. (***)

REKOMENDASI