Wakil Bupati Aceh Jaya Buka Pelatihan Jurnalistik PWI Aceh Jaya

  • Whatsapp
Wakil Bupati Aceh Jaya membuka kegiatan pelatihan jurnalistik, Senin (27/6/2022) (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S membuka Pelatihan Jurnalistik Kehumasan bagi Forkopimda dalam kabupaten Aceh Jaya digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Jaya berlangsung di Aula Dinas Kesehatan setempat, Senin (27/6/2022).

Pelatihan dengan tema “Peran Pers dalam Membangun Aceh Jaya” ini dihadiri 26 peserta praktisi kehumasan dari sejumlah instansi di daerah setempat.

BACA JUGA

Dalam sambutannya, Tgk Yusri S mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilaksakan oleh PWI Aceh Jaya. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi SKPK dalam mempublikasikan kegiatan kegiatan pemeritahan kepada masyarakat.

“Dengan adanya pelatihan ini, maka para peserta tahu bagaimana peran dalam mempublikasi kegiatan instansi masing – masing dengan baik, katanya.

Tgk Yusri S menambahkan, Kepada insan pers untuk selalu menyuguhkan informasi secara jujur, berimbang juga berdasarkan fakta dan data, karna insan pers memiliki peran yang sangat penting dalam control sosial dalam masyarakat, juga menjadi salah satu sarana bagi warga negara mengeluarkan pikiran dan pendapat.

Oleh karna itu, lanjutnya, pers harus bebas dari kapitalisme dan politik, pers yang baik adalah yang tidak mendukung kepentingan pemilik modal dan kekuasaan politik tampa mempertimbangkan masyarakat yang lebih besar.

Sambungnya, PWI Aceh Jaya selama ini telah banyak mendukung program – program yang digagas pemerintah. PWI banyak membantu Pemkab Aceh Jaya dalam melaksanakan berbagai program pembangunan untuk masyarakat.

“Wartawan yang ada di Aceh Jaya, jangan jadi Jurkam (Juru Kampanye) pada musim politik, kerjalah sesuai kaedah jurnalistik” ujarnya

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Aceh Jaya, Hendra mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu bertujuan untuk melatih keterampilan jurnalistik khususnya bidang kehumasan SKPK dan instansi vertikal dan untuk membangun mitra antara wartawan dengan semua instansi yang ada di Aceh Jaya.

“Materi yang disampaikan seperti teknik menulis informasi, Kode Etik Jurnalistik, dan keterampilan mengambil foto untuk press release dan konten media sosial,” kata Hendra.

Menurutnya, informasi yang dikemas dalam bentuk berita dapat digunakan untuk menyampaikan segala informasi yang mudah diakses oleh masyarakat dan tersaji dengan menarik.

“Selain program kerja, OPD juga dapat mensosialisasikan kebijakan program pemerintah kepada seluruh masyarakat melalui berita dan konten media sosial,” paparnya.

Ia berharap, kepada seluruh peserta agar memanfaatkan semua ilmu yang telah dipelajari selama pelatihan dan diterapkan pada instansi masing-masing SKPK, sehingga segala program dan kebijakan pemerintah tersampaikan kepada masyarakat.

Pelatihan tersebut diisi oleh tiga pemateri yaitu, Ketua PWI Aceh, M Nasir Nurdin, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, Bedu Saini dan Kepala Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Azhari S, Sos.

Turut Hadir Dalam Kegiatan Tersebut, Ketua DPRK Aceh Jaya Muslem D, Kapolres Aceh Jaya AKBP Yudhi Wiyono, Kasi Intel Rahmat Siregar sarta Ketua MPU Aceh Jaya. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI