Pemkab Aceh Jaya Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Kebakaran Rumah

  • Whatsapp
Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran rumah di Gampong Pasi Pawang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Selasa (31/01/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran rumah di Gampong Pasi Pawang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Selasa (31/01/2023).

saat kebakaran, pemilik rumah, Idrus, 43, beserta keluarganya berhasil keluar rumah saat kebakaran terjadi, tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat peristiwa tersebut. Berdasarkan laporan diterima, api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Teunom, sehingga tidak merembet ke rumah di sekitarnya. Namun barang-barang seisi rumah tidak ada yang bisa diselamatkan dan semua habis dilahap si jago merah, hanya tersisa dinding dan atap rumah saja.

BACA JUGA

Camat Teunom, T. Nazaruddin saat dihubungi secara terpisah membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Benar telah terjadi kebakaran rumah pukul 04 48 dini hari di Gampong Pasi Pawang. Rumah dalam kondisi rusak berat dan tidak ada korban jiwa” jelas Nazaruddin.

Nazaruddin menjelaskan bahwa sumber kebakaran berasal dari arah dapur dan penyebab kebakaran sampai saat ini belum diketahui, masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib. Peristiwa nahas yang melanda kediaman bapak dari tiga orang anak tersebut diperkirakan menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Saat mengunjungi para korban, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin yang didampingi Sekda Aceh Jaya T Reza Fahlevi, Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya, Fahmi, Kalak BPBK Aceh Jaya, Fajri,  serta Camat Teunom T Nazaruddin dan unsur PMI Kabupaten Aceh Jaya  melihat secara langsung kondisi rumah yang terbakar.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Jaya  menyampaikan rasa empati yang mendalam terhadap para korban dan keluarga, serta menyerahkan bantuan masa panik kepada yang terkena musibah.

Adapun bantuan masa panik ini berupa selimut, kain sarung, bahan bangun, bahan sembako, dan pelengkapan anak anak. Ia berharap, bantuan ini bisa mengurangi beban korban.

Disisi lain, Dr Nurdin menuturkan, untuk pencegahan ia mendorong Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk meningkatkan kesiapsiagaan agar respon dari petugas terhadap musibah akan lebih cepat.

“Untuk sigap terhadap musibah kebakaran. Saat ini Kita sedang menyiapkan relawan kebakaran di tingkat gampong dan dalam waktu dekat ini akan kita resmikan relawan kebakaran tersebut” ujar Dr Nurdin

“Disamping itu kita juga sedang mendorong untuk kesiapsiagaan ini dalam bentuk rescue berbasis masyarakat dengan melibatkan pemuda sebagai tenaga relawan di tingkat gampong” lanjutnya

Pj Bupati Aceh Jaya menjelaskan, Pencegahan kebakaran akan dilakukan berbasis komunitas dengan harapan dapat berjalan efektif nantinya

“Akan ada pembekalan dan pelatihan terhadap relawan tersebut. Sehingga kesiapsiagaan dalam mencegah kebakaran akan lebih maksimal nantinya. Berikutnya dalam upaya pencegahannya ke depan di setiap gedung dan rumah,  baik ditingkat gampong, akan kita dorong dan upayakan mempunyai Alat Pemadam Api Ringan (APAR)” tambahnya

“Dengan terbentuknya relawan kebakaran dan kesediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) nantinya kesiapsiagaan dan ketangguhan dalam mencegah kebakaran ini semakin baik di kabupaten Aceh Jaya” pungkasnya (***)

REKOMENDASI