Sekda Aceh Jaya Buka Perkemahan Pramuka Santri Dayah Modern Ar-Risalah

  • Whatsapp
Sekda Aceh Jaya, T Reza Fahlevi saat menghadiri perkemahan Pramuka Santri (Perkasa) tahun 2023 di komplek Dayah setempat Gampong Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (4/2/2023) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Gerakan Pramuka Pondok Modern Ar-Risalah Kwartir Cabang (Kwarcab) Aceh Jaya menggelar perkemahan Pramuka Santri (Perkasa) tahun 2023 di komplek Dayah setempat Gampong Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan yang mengangkat tema “Kuatkan Jadi Diri Santri yang Berakhlak Mulia Berpengetahuan Luas serta Menebar Ukhuwah Demi Kejayaan Bangsa dan Agama” dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 8 Ferbruari 2023, diikuti oleh 120 santri laki-laki dan 210 santri perempuan.

BACA JUGA

Kegiatan Perkasa ini dibuka oleh langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Teuku Reza Fahlevi, dihadiri Pimpinan Dayah Modern Ar-Risalah, Ustsd Amrullah Arsyad Syech, Camat Krueng Sabee, Muslim Arais, Ketua Umum KONI Aceh Jaya, Muslim HS, Kalak BPBK, Fajri, dan Ketua IKABDA, Ustad Nazari.

Dalam sambutannya, Sekda Aceh Jaya berharap kepada seluruh santri Dayah Ar-Risalah yang mengikuti Perkemahan Pramuka Santri tahun 2023 agar bisa menjadi pemimpin islam di masa yang akan datang, dalam meneruskan perjuangan ulama menebar ilmu pengetahuan untuk kejayaan bangsa dan agama.

” Dayah Modern Ar-Risalah juga mempunyai pelajaran ekstrakurikuler seperti pidato dalam bahasa arab dan bahasa inggris, ilmu bela diri, pramuka, kaligrafi, fahmil dan syarhil Al-Qur’an sebagai pelajaran penambah wawasan santrinya,” ujar Sekda

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Dayah Ar-risalah (IKABDA), Ustad Nazari mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendidik dan membina karakter para santri agar menjadi generasi yang berprestasi dengan pondasi agama yang kuat.

Ia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan di tingkat kabupaten yang diikuti oleh gugus depan pesantren, sehingga terjalinnya kerjasama dan ukhuwah sesama santri melalui kegiatan perkemahan pramuka santri.

Saat ini Dayah Ar-Risalah telah membuka penerimaan santri baru untuk lulusan SD/MI dan SMP/MTs dari tanggal 1 – 28 Februari 2023, yang beralamat di Desa Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya.

Untuk itu, ia juga mengajak masyarakat Aceh khususnya Aceh Jaya yang mempunyai buah hati tamatan Sekolah Dasar (SD) sederajat dan SMP sederajat untuk segera didaftarkan, sebab di pesantren modern Ar-Risalah banyak di didik berbagai macam ilmu serta penguatan karakter sebagai generasi penerus ke depanya.

Kata Ustadz Nazari, keutamaan dan keunggulan belajar di Dayah Ar-risalah antara lain, terjaganya saalat berjamaah lima waktu dan lulusan Dayah Modern Ar-Risalah bisa berbahas arab dan bahasa Inggris, ada juga alumni yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

” Apabila ia pergi ke tanah suci melaksanakan ibadah haji atau umrah sudah bisa berkomunikasi dengan orang yang di sana, sehingga tidak perlu lagi penerjemah bahasa.” tutupnya (***)

REKOMENDASI