Pemkab Aceh Jaya Raih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya meraih penghargaan kabupaten sangat inovatif se-Aceh pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11-6301.A tahun 2022 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota tahun 2022, Senin (30/01/2023)

Indeks inovasi  Daerah dikategorikan menjadi 3 predikat yaitu sangat inovatif, inovatif dan kurang inovatif. 22 kabupaten di seluruh Indonesia meraih penghargaan sangat inovatif yaitu Banyuwangi, Bogor, Wonogiri, Tabalong, Aceh Jaya, Situbondo, Temanggung, Sragen, Tanggamus, Pemekasan, Padang Pariaman, Indragiri Hilir, Hulu Sungai Selatan, Sampang, Lampung Barat, Malang, Blora, Pesawaran, Sumedang, Tegal, Bantul dan Bangka.

BACA JUGA

Kabupaten Aceh Jaya merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Aceh yang meraih predikat atau penghargaan sangat inovatif dengan indeks 60,49.

Sementara itu, ada 13 kabupaten dan kota yang dikategorikan inovatif, yaitu Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara, Aceh Singkil, Langsa, Aceh Besar, Pidie Jaya, Gayo Lues, Bener Meriah dan Subulussalam.

Adapun Kabupaten dan kota yang dinilai kurang inovatif oleh Kemendagri antara lain Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Pidie, Sabang, Aceh Selatan, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Tenggara dan Simeulue.

Pemberian Penghargaan IGA itu diberikan kepada Pemerintah Daerah berdasarkan indeks inovasi daerah tahun 2022 merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara inovatif.

Selain itu, pemberian penghargaan IGA ini juga bertujuan untuk memicu dan memotivasi pemerintah daerah agar meningkatkan inovasi dan kreativitas daerah dalam memberikan pelayanan publik serta mendukung arah pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Pusat. (***)

REKOMENDASI